Jikalahari Harapkan Jokowi Blusukan ke Hutan Riau

id jikalahari harapkan, jokowi blusukan, ke hutan riau

Jikalahari Harapkan Jokowi Blusukan ke Hutan Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mengharapkan Presiden Joko Widodo untuk dapat blusukan ke kawasan hutan Riau yang kini dalam kondisi memprihatinkan akibat maraknya perambahan ilegal dengan cara membakar.

"Namun diawal kepemimpinan beliau, kami ingin melihat bagaimana responnya terhadap kasus-kasus kehutanan," kata Koordinator Jikalahari Muslim Rasyid kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, sebelum menjadi presiden, Jokowi sempat memberikan sinyal positif untuk perbaikan lingkungan dan itu terlihat saat beliau menghadiri acara pertemuan membahas masalah lingkungan nasional.

Sebelumnya Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) telah mengadakan seminar nasional bertemakan Memilih Presiden yang Prokelestarian Lingkungan dan HAM .

Acara tersebut dilaksanakan karena adanya kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan secara nasional yang kian parah, termasuk di Riau, dimana kawasan hutan telah beralih fungsi menjadi perkebunan dan hutan tanam industri, mengakibatkan punahnya keanekaragaman hayati.

Saat ini, demikian Muslim, Jikalahari akan mengawal pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla sampai lima tahun kedepan terutama berkaitan dengan komitmennya untuk memperbaiki lingkungan dan hutan khususnya di Riau.

Hal itu menurut dia penting karena kelestarian lingkungan harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah ke depan karena sumber daya alam adalah tulang punggung ekonomi.

Sebelumnya dalam seminar nasional tentang lingkungan yang diselenggarakan WALHI, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan pernyataan yang komprehensif.

Ketika itu, katanya, pasangan Jokowi-JK lebih jauh membahas konteks kebijakan, kelembagaan dan konteks program yang lebih baik, termasuk dalam bidang kelembagaan disebut ada penataan terkait dengan konflik mengenai sumber daya alam dan kebijakan apa yang ingin dilakukan.

"Jika nanti kabinet ini benar-benar menjalankan komitmennya, maka alangkah baiknya juga jika Jokowi berkenan untuk blusukan melihat-lihat kondisi hutan Riau yang telah hancur," katanya.