Jemaah Haji Dumai Telah Sehat

id jemaah haji, dumai telah sehat

Jemaah Haji Dumai Telah Sehat

Dumai, (Antarariau.com) - Seorang jemaah haji Kota Dumai Riau yang sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dinyatakan sehat dan telah dipulangkan ke keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Paisal mengatakan, berdasarkan pemeriksaan medis, jemaah haji atas nama Harianto (67) warga Kecamatan Dumai Timur ini hanya mengalami sesak napas.

"Jemaah haji ini hanya sakit sesak napas biasa, dan telah pulang ke Dumai pada Kamis malam pekan lalu dan langsung dijemput pihak keluarga," katanya, Selasa.

Dijelaskan, Harianto terpaksa tinggal di Batam pada saat pemulangan jemaah haji ke Dumai melalui pelabuhan setempat Kamis lalu karena mengalami suhu panas tubuh tinggi hingga mencapai 45 derajat celsius.

Tim medis yang melakukan pemeriksaan kesehatan jemaah pada saat itu mengkhawatirkan kondisi Harianto yang mengalami suhu panas tinggi dengan kecurigaan terinfeksi virus dari negara arab.

"Kondisi kesehatan jemaah di rumah selama tiga pekan ke depan akan terus dipantau untuk memastikan sehat dan tidak terinfeksi virus," jelasnya.

Petugas kesehatan, lanjutnya, akan mengawasi kondisi kesehatan para peserta haji 2014 tersebut dengan cara memantau kunjungan jemaah ke rumah sakit dan pos pelayanan medis masyarakat.

Namun sejauh ini, diketahui belum ada jemaah haji yang terpantau mengalami keluhan sakit atau memeriksakan kesehatan di sejumlah fasilitas pelayanan medis pemerintah.

"Kita tidak bisa mengawasi kesehatan jemaah di rumahnya karena keterbatasan petugas, namun kondisi mereka akan diketahui saat mengunjungi pelayanan medis pemerintah, baik rumah sakit maupun puskesmas," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai Efrizon Dumai menyatakan, seluruh jemaah haji dinyatakan dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi virus atau penyakit menular berdasarkan hasil tes medis.

"Setiba di pelabuhan langsung dilakukan tes medis dan dipastikan semua jemaah dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi virus," ungkapnya.