UPM Jajaki Kerja Sama Dengan Universitas Riau

id upm jajaki, kerja sama, dengan universitas riau

UPM Jajaki Kerja Sama Dengan Universitas Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - University Putra Malaysia menjajagi beberapa kerja sama dengan Universitas Riau, di antaranya Program Gelar Bersama atau "joint degree", "joint research", "master degree international", serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

"UR dan UPM saat ini sedang melakukan penjajakan sejumlah kerja sama, di antaranya program-program tersebut," kata Dekan Fakultas Teknik UR Adrianto Ahmad di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan pentingnya melakukan kerja sama dengan universitas dari luar negeri guna meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa.

"Keuntungan kerja sama ini sangat besar untuk kita, dengan adanya pertukaran dosen dan mahasiswa maka kompetensi akan semakin meningkat. Kerjasama ini juga seiring dengan visi UR menuju universitas berkelas internasional," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan bagian dari strategi guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

UPM sendiri masih akan merumuskan isi dari "Memorandum of Understanding" (MoU) dan akan kembali ke UR pada bulan November mendatang bersempena dengan diadakannya "Enginering Expo".

"Mereka akan kembali ke UR pada bulan November mendatang guna mendiskusikan isi MoU bersempena dengan Enginering Expo yang akan diadakan pada 17-18 November. Kita berharap awal tahun depan kerjasama ini bisa terealisasi," ujarnya.

Pihak UPM merasa senang dengan sambutan yang diberikan oleh perwakilan UR. Mereka mengatakan kerjasama ini penting guna untuk mempererat hubungan ke dua universitas dan meningkatkan daya saing.

"Kita senang dengan sambutan baik yang diberikan oleh UR dan mengupayakan kerjasama ini cepat terwujud. Merealisasikan kerjasama ini mungkin membutuhkan waktu lebih dari sebulan, bisa jadi sampai tiga bulan," kata delegasi UPM, Muhammad Makmum Abdullah.

Sementara itu, pembantu rektor IV UR, Ady Prayitno menyambut baik kerjasama ini. Ia mengatakan UR akan lebih dikenal negara luar.

"Dengan adanya kerjasama ini, UR akan mendapat "recognize" dari perguruan tinggi di Malaysia," ujarnya. (KR-AZK)