Pekanbaru Rayakan Tahun Baru Hijriyah Dengan Pawai

id pekanbaru, rayakan tahun, baru hijriyah, dengan pawai

 Pekanbaru Rayakan Tahun Baru Hijriyah Dengan Pawai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ribuan warga Pekanbaru, Provinsi Riau, turun ke jalan melakukan pawai taaruf dalam rangka memeriahkan perayaan Tahun Baru Hijriyah 1436 yang pada kalender Masehi berlangsung 25 Oktober 2014.

"Penyambutan tahun baru Hijriyah ini sebagai wujud dari upaya kita mengajak masyarakat untuk selalu menjalankan syariat agama, dalam membentuk masyarakat metropolitan yang madani, aman, nyaman dan penuh kekeluargaan," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus usai pelepas pawai di Pekanbaru, Rabu,.

Menurut dia, pawai taaruf tersebut dimaksudkan menumbuhkan rasa cinta anak usia dini kepada ajaran agama Islam serta memperkenalkan adanya kalender yang tidak sama dengan dengan kalender masehi.

"Rentetan kegiatan keagamaan umat muslim dilaksanakan sesuai dengan penjadwalan dalam kalender hijriyah," terang dia.

Menurut dia, pihaknya sebagai pengayom masyarakat berkewajiban menggelar berbagai kegiatan dalam upaya memeriahkan tahun baru yang tidak sesemarak perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Selain juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap momentum keagamaan.

"Kegiatan menyambut Tahun Baru Hijriyah juga disemarakan dengan zikir bersama dan penetapan masjid paripurna Pemko Pekanbaru yang digelar di di Masjid Arrahman dari siang hingga malam hari," kata dia.

Berbicara penetapan masjid paripurna, dia menjelaskan, sebuah program Pemkot Pekanbaru dalam rangka meningkatkan pemahaman agama sejak dini di setiap Kecamatan.

"Setiap kecamatan akan di bangun sebuah mesjid Paripurna, yang dilengkapi dengan parkiran, pustaka, MDA,dan fasilitas lainnya yang menunjang untuk pembelajaran agama islam," kata dia.

Berdasarkan pantauan Antara saat pawai taaruf berlangsung, kawasan Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru macet total, ribuan santri Pendidikan Diniah Tsanawiyah Aliah se-Kota Pekanbaru tumpah ruah ke jalan. Wali kota Pekanbaru didampingi muspida dan Kepala Kemenag, melepas pawai dari halaman kantor. (KR-NTY)