PTPN V Remajakan Sawit Plasma 1.084 Hektar

id ptpn v, remajakan sawit, plasma 1084 hektar

PTPN V Remajakan Sawit Plasma 1.084 Hektar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Perkebunan Nasional V (Pesero) melakukan peremajaan perdana terhadap tanaman sawit plasma kebun Sei Buatan di Desa Keranji Guguh dan Desa Tasik Seminai, Kecamatan Koto Gasib Siak, Provinsi Riau.

"Peremajaan dilakukan di atas 1.084 hektare areal KUD Tunas Karya dan Karya Dharma III yang telah di land clearing. Untuk masing-masing Desa tersebut," kata Direktur Utama PTPN V, Amal Bakti Pulungan di Siak, Kamis,

Katanya, perusahaan telah melakukan pembersihan lahan seluas 430 Ha untuk 215 KK di Tasik Seminai dan 654 hektare untuk 327 KK di Keranji Guguh. Penanaman simbolis di saksikan Dirjenbun Kementan RI yang diwakili Direktur Tanaman Tahunan Herdrajat Natawidjaja, Bupati Siak, Syamsuar serta GM SBU LDA Ferry Tambunan,

"Pada hakikatnya, pencanangan program PIR adalah guna meningkatkan produksi komoditas non minyak, membantu pengembangan wilayah, menciptakan sinergi dan kemitraan antara petani dengan perusahaan perkebunan, serta tentunya yang utama, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani pekebun itu sendiri," kata dia.

Jadi, menurut dia, melihat kondisi tanaman kebun plasma di lingkup PTPN V yang umumnya sudah tua dan produktivitasnya menurun, dipandang perlu dilakukan peremajaan.

"Agar keberlanjutan usaha dan kesejahteraan petani pekebun, dapat terus berkesinambungan," katanya.

Menurut dia, peremajaan tanaman plasma itu dapat dilaksanakan melalui program revitalisasi perkebunan atau sumber pendanaan lainnya. Sementara untuk replanting kali ini, perusahaan perkebunan bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

"Untuk penanaman kembali pada areal KUD Tunas Karya dan Karya Dharma III ini, pembiayaannya dari Bank Mandiri dan pastinya kami berbangga hati dapat kembali menjadi bapak angkat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Dirjenbun, Bupati dan unsur pemerintah daerah yang telah membantu kami menyosialisasikan replanting ini, juga tentunya kepada kepala desa, Pengurus KUD dan para petani sendiri yang telah mempercayai kami," katanya.

Syamsuar Bupati Siak, menyatakan rasa terimakasihnya kepada PTPN V yang kembali bersedia menjadi bapak angkat atas petani plasma di daerahnya.

"Dari lebih kurang 15ribu hektar lahan petani yang butuh direplanting, Alhamdulillah hari ini 1.084 Ha telah memiliki avalis yakni PTPN V, dan telah dimulai replantingnya, untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada PTPN V¿, sebutnya.

Dia berharap, petani-petani yang lain juga dapat mencontoh dan mulai mengakomodir seluruh persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk replanting lahannya.

"Agar replanting pada lahan petani yang lain bisa dipercepat, maka persiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan jauh-jauh hari, untuk kemudahan kita juga dalam melaksanakan replanting nantinya¿, kata dia.

Direktur Tanaman Tahunan, Herdrajat Natawidjaja, mengatakan, apresiasinya kepada PTPN V. Karena membantu pelaksanaan program revitalisasi ini.

"Kami beri apresisasi kepada PTPN V, program revitalisasi ini pastinya sejalan dengan harapan kita semua untuk kebersinambungan usaha petani pekebun dan mewujudkan masyarakat yang makmur serta sejahtera," kata dia.

Pelaksanaan peremajaan ini adalah wujud kepedulian perusahaan kepada rekan kerjanya sesuai amanah PP Nomor 10 Tahun 1996 yang dipertegas melalui Kepmentan Nomor 819 Tahun 1996 tentang Penugasan PTPN V dalam Pelaksanaan Proyek PIR Perkebunan.

Data PTPN V mencatat sampai dengan saat ini, areal plasma yang telah dibangun diluar areal pekarangan, adalah seluas 74.526 Ha yang terdiri dari Kelapa Sawit 56.665 hektare, Karet 17.861 hektare serta melibatkan 37.263 KK petani dari luas plasma binaan PTPN V tersebut. Untuk replanting yang pertama sekali telah dilaksanakan pada tahun 2012 di Kebun Sei Tapung Kabupaten Rokan Hulu, dan di Siak ini merupakan tahap ke dua.