Bupati Resmikan PMKS PT GSM Rantau Panjang

id bupati resmikan, pmks pt, gsm rantau panjang

Bupati Resmikan PMKS PT GSM Rantau Panjang

Rokan Hulu, Riau, (Antarariau.com) - Bupati Rokan Hulu Achmad meresmikan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Gunung Mas Sawit (MAS) di Dusun Ranto Kayo Kuning, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tambusai.

"Setelah kita meresmikan PMKS ini, Kabupaten Rokan Hulu telah memiliki sebanyak 31 PMKS yang beroperasi di wilayah kita," kata Achmad.

Pengolahan PMKS ini memiliki daya produksi sebesar 40 ton perjam dan merupakan pabrik kelapa sawit (PKS) yang Ke 31, yang beroperasi di Negeri Seribu Suluk.

Ia mengatakan, selain memiliki fasilitas seperti PMKS pada umumnya, perusahaan pabrik yang dibangun dengan lahan seluas 10 hektar ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain, seperti laboratorium yang memiliki fungsi untuk menjamin nilai mutu dari produksi Crude Palm Oil (CPO).

Ia juga mengharapkan, keberadaan PMKS PT GSM ini dapat memberi dampak yang positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, selain terbukanya lapangan pekerjaan baru, kehadirannya diharapkan juga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar serta menunjang program pembangunan dan perkembangan desa.

Selain itu selaku General Manager PT GSM , Kaharudin mengatakan alasan dari pihak management perusahaan ini memilih wilayah kabupaten Rokan Hulu sebagai sasaran investasi mereka didasari oleh besar potensi dari Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Rokan Hulu.

"Adanya kemudahan fasilitas perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada kita juga menjadikan salah satu alasan dan pertimbangan dari pihak managemen untuk berinvestasi di Rokan Hulu, ¿Katanya.

Dia juga mengatakan, tentu keberadaan PMKS ini diharapkan dapat benar-benar membawa dampak positif kepada masyarakat, jangan sampai kehadiran perusahaan hanya menimbulkan konflik serta membuat kerusakan lingkungan.

Kegiatan peresmian tersebut selain dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu, juga terlihat Ketua DPRD Rokan Hulu, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Adat, para karyawan PT GSM dan lainnya. (KR-NTY)