Riau Segera Miliki Tim Reaksi Cepat Karhutla

id riau segera, miliki tim, reaksi cepat karhutla

Riau Segera Miliki Tim Reaksi Cepat Karhutla

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau segera memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sering terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota.

"TRC telah melewati beberapa tahapan seleksi, hingga proses perekrutan dan saat ini sedang mempersiapkan hasil seleksi yang akan diumumkan dalam waktu dekat ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri kepada pers di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, proses seleksi secara prinsip sudah rampung dan tinggal menunggu proses pengumuman baru kemudian tugas-tugas TRC bisa dilaksanakan.

"Intinya seluruh proses sudah selesai dan tinggal menunggu persetujuan gubernur. Setelah itu maka pekerjaan menanggulangi karhutla bisa dimulai," katanya.

Amri mengatakan, pihaknya akan mengangkat 100 personil sesuai tugas dan kompetensinya.

"Merekalah yang akan menjadi tombak utama dalam mengatasi karhutla di berbagai wilayah kabupaten/kota. Tentu ini akan membantu pemerintah dalam mengatasi karhutla yang setiap tahun terjadi di Riau," katanya.

Sementara untuk tugas dan fungsi TRC, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau telah menyusun dalam daftar Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Yang pasti mereka bertugas sebagai tim penggerak awal dalam melakukan penanganan dini terhadap ancaman karhutla," katanya lagi.

TRC merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan penyebab kabut asap yang selama ini terjadi di Riau bahkan setiap tahunnya.

Peristiwa karhuta di Riau dilaporkan telah menghanguskan ratusan ribu hektare hutan sepanjang lima tahun terakhir, dan pada 2014 saja ada seluas lebih 30 ribu hektare yang terbakar.

Kebanyakan hutan yang terbakar itu kini beralih fungsi menjadi kawasan perkebunan dan hutan tanam industri.