Bupati Pimpin Rapat Evaluasi Proyek

Kuantan Singingi, 29/10 (Antara) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau  H Sukarmis Senin ( 27/10/2014) siang memanggil seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam jajaran pemerintahannya guna mengevaluasi pelaksanaaan proyek tahun 2014 di ruang multi media kantor Bupati.

Rapat kerja tersebut untuk melihat sudah sejauhmana kegiatan proyek fisik dilakukan oleh jajarannya, dan komitmen pihak kontraktor dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemenang proyek.

"Saya mengajak semua pihak untuk bekerja lebih optimal, pekerjaan harus selesai tepat waktu dan sesuai standar hingga tidaka ada permasyalahan dikemudian hari," tegas Bupati H Sukarmis.

Sekretaris Daerah Kuantan Singingi H Muharman mengatakan rapat evaluasi itu  dihadiri sejumlah instansi terkait dan undangan kepada seluruh kontrakotr yang terikat kerja dengan pemerintah daerah.

"Ini dilakukan agar semua pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak ada masyalah," sebutnya.

Karena itu sebut Sekda, rapat evaluasi akan kembali dilaksanakan sepekan yang akan datang, Saat evaluasi yang akan datang seluruh pimpinan SKPD wajib menghadirkan rekanan dalam rapat evaluasi ini.

Menurut Sekda rapat evaluasi kali ini fokus untuk membahas proyek-proyek yang lamban realisasinya, karena itu yang sudah selesai tidak lagi diundang berarti pekerjaan sudah layak dan sesuai scedul.

"Pak Bupati minta ketegasan kepada rekanan apakah dua bulan waktu tersisa sanggup untuk melaksanakannya jika kegiatan belum selsai hingga akhir Oktober," ujar Sekda.

Terkait dengan kegiatan proyek di Dinas Bina Marga khususnya proyek jalan dan jembatan dinilai sangat memuaskan bahkan besarnya perhatian pusat membuat daerah ini semakin maju dan berkembang hingga kesejahteraaqn masyarakat terdongkrak lebih tinggi.



Pembangunan jembatan Tingkalak Kuansing Dari Dana Alokasi Khusus Pusat

Pembangunan Jembatan oleh CV Cahya Riski  di daerah Kecamatan Singingi Hilir yang menghubungkan dua kecamatan sangat berpotensi mengangkat ekonomi masyarakat karena dengan adanya jembatan permanen ini akan lebih cepat untuk keluar masuk hasil pertanian dan memenuhi kebutuhan seghari hari warga.

Wilayah ini warga berusaha berusaha dibidang perkebunan  sawit, karet dan juga merupakan masyarakat serta lahan ekstran sehingga pembangunan jembatan adalah penting membuka ketreisolasian sejumlah desa hingga secapatnya menyamai desa lain yang lebih maju.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merasa sangat bangga atas perhatian Pemerintah Pusat yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sejumlah jembatan penghubung kecamatan, penghubung desa di sejumlah wilayah di Kuansing.

Selain itu juga masyarakat merasa puas dengan besarnya perhatian Pemintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air yang telah membangun dua jembatan penhubung sebagai bentuk pembukaan isolasi daerah.

Dengan telah dibangunnya jembatan bernilai miliaran rupiah dari anggaran dana pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014 membuat ribuan masyarakat dapat terangkat ekonomnya, bahkan setelah jembatan ini difungsikan ratusan anak sekolah dapat memanfaatkan jembatan itu untuk lalu lintas menuju sekolah.

Selama ini banyak warga mengeluh atas rusaknya sejumlah jembatan, jalan hingga kerap terjadi kemacetan bahkan terganggunya pendidikan anak warga yang berada jauh dari pusat kota kecamatan maupun kabupaten.

Namun dengan brhasilnya pembangunan jembatan ini akan merubah semuanya, ekonomi warga akan menjadi baik, hubungan antar desa akan semakin mudah hingga perputaran ekonomi semakin lancar.

"Selama ini pendistribuan hasil pertanian warga agak sulit, sementara sebagian besar ekonomi masyarakat tergantung hasil perkebunan, pertanian tersebut," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singngi H Aswan.

Ia mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir sejumlah jalan dan jembatan dibangun dengan megah di sejumlah kecamatan, yang pada dasarnya untuk membuka isolasi daerah,  membantu ekonomi masyarakat.

Dua jembatan besar tersebut akan sangat membantu perekonomian ribuan masyarakat di beberapa kecamatan di Kuansing. karena ini juga merupakan hasil aspirasi warga yang berharap Bupati Kuansing H Sukarmis dapat membangun jembatan ini dengan baik semasa kepemimpinannya.

Kepala Bidang Bina Marga Nasri Edi juga menambahkan, laju pertumbuhan penduduk sangat signifikan, kepadatan warga memenuhi sejumlah desa mulai tidak bisa dibendung, hal ini sangat perlu didukung dengan pembangunan sejumlah fasilitas umum seperti jalan dan jembatan.

Karena APBD Kuansing masih rendah, maka dana untuk pembangunan Jematan dan Jalan yang menjadi periritas adalah dengan menggunakan dana DAK, Tahun 2014 dua jembatan besar beton dibangun untuk masyarakat.

"Dengan adanya Jembatan Tingkalak dan Jembatan Sei Air Darus memungkin ekonomi warga cepat bangkit," sebutnya.

 

Pembangunan Jembatan Sei Air Dalus Dari Anggaran Dana Alokasi Khusus Pusat

Pembangunan Jembatan oleh PT Kalber Kontrak yang dibangun di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi berhasil dengan baik, semua pekerjaan hampir rampung sesaui dengan standar dan membanggakan semua pihak.

Ribuan warga Kuansing memberikan apresiasi terhadap kinerja Bupati H Sukarmis yang telah mewujudkan keinginan masyarakat untuk memiliki jembatan permanen agar distribusi sejumlah kebutuhan masyarakat cepat, dapat mengurangi biaya transportasi hingga menghemat waktu untuk menuju pusat kota.

Pembuangan Jembatan Sei Air Dalus mendapat dukungan semua warga, buktinya pada pelaksanaannya tidak mendapatkan hambatan bahkan pekerjaannya dapat seleasi sesuai scedul ini juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

"Kami berikan apresiasi terhadap pihak kontraktr yang telah benar benar bekerj dengan baik hasilnya lebih optimal," kata Kepala Dinas Bina Marga H ASwan  memalui Ka[ala Bidang Bina Marga Nasri Edi di Kuansing.

Ia mengatakan, sejauh ini proses pekerjaan tidak ada masyalah bahkan selama dilakukan monitoring pekerjaan sesuai standar dan scedule, bahkan selesai nya diperkirakan tepat waktu.

Tana adanya dana Pusat berupa Dana Alokasi Khusus sulit bagi daerh ini utuk membangun infrastruktur tersebut, karena APBD Kuansing masih minim dan bahkan banyak dialokasikan kesejumlah infrastruktur lainnya.

"Kami bangga atas besarnya perhatian pusat dan bahkan berharap taun 2015 Pemerintah Pusat akan memberikan dana yang lebih besar lagi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur daerah," sebutnya dengan penuh harap.
 


Beberapa Warga Mulai Menilai Positif

Salah satu warga Kuantan Singingi yang berada di Jepang Puji (55) mengatakan, sejuah ini semua masyarakat Kuansing merasa puas atas keberhasilan pemerintah daerah merealisasikan pembangunan jalan dan jembatan sebagai upaya membuka isolasi daerah dan menghapus keterisolasian warga.

"Kepada Dinas Bina Marga Sumber Daya Air yang telah berperan aktip untuk masyarakat perlu diberikan apresiasi, bahkan Bupati Kuansing H Sukarmis yang juga berhasil melobi pusat untuk mendapatkan dana DAK juga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat," katanya diminta keterangannya sebagai putra Kuansing yang kuat perhatian dengan daerah walaupun puluhan tahun berada di Luar negeri.

Selain itu Ahmad Damri (37) warga Lubuk Ambacang juga menilai kesuksesan Pemerintah daerah Kuansing dalam puluhan tahun terakhir perlu dibanggakan, seksesnya Bupati H Sukarmis dan jajarannya membangun daerah mendapat sotrotan warga Kuaansing di sejumlah daerah.

"Kami berikan apresiasi tinggi namun berharap tahun 2015 Kucuran dana pusat akan lebih besar lagi," harapnya.

loading...