Distan Pekanbaru Serahkan Bantuan 20 Traktor

id distan pekanbaru, serahkan bantuan, 20 traktor

Distan Pekanbaru Serahkan Bantuan 20 Traktor

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian Pekanbaru, Provinsi Riau, menyerahkan bantuan 20 unit traktor tangan kepada kelompok tani di wilayahnya dalam membantu percepatan petani menggarap lahan mereka.

"Bantuan ini di biaya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah - Perubahan Pekanbaru tahun 2014," kata Kepala Dinas Pertanian Pekanbaru Edwar Yunus di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, bantuan yang diserahkan oleh Wali Kota Pekanbaru ini, diharapkan akan bisa meringankan beban para petani dalam menggarap lahan pertanian milik mereka. Diserahkan kepada kelompok tani yang sudah memiliki lahan pertanian, dan bisa menggunakannya secara bergiliran.

"Ke 20 unit traktor tangan ini diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Rumbai, dan selama ini sudah menghasilkan," terang dia.

Kata dia, rata- rata masyarakat di Kecamatan Rumbai hidup dengan bertani, baik palawija, sayuran maupun buah-buahan. Selain kondisi tanah di wilayah ini yang bagus untuk pertanian, letaknya pada ketinggian tertentu juga cocok untuk berbagai jenis tanaman.

Setiap hari produksi pertanian masyarakat di wilayah ini sudah menjadi sumber pasokan bagi pasar tradisional maupun mal yang ada di Pekanbaru. Sekaligus menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat yang rata -rata pendatang. Dengan kondisi ini pula pemkot Pekanbaru mencanangkan wilayah tersebut dalam tata ruang sebagai kawasan pertanian.

"Kita sudah mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar selama ini untuk pengadaan bantuan bibit tanaman holtikultura, bibit lengkeng, mangga, jeruk nipis, jeruk purut, tanaman pangan, bibit ubi kayu," kata dia.

Selain itu, Rumbai kini memiliki tanaman pepaya hawai dan madu sekitar 115 batang, yang hasilnya setiap hari dipasarkan ke kota.

Jadi dengan peralatan traktor tangan ini, ia berharap kebutuhan petani dalam mengolah lahan pertanian di wilayahnya bisa tertolong dan meningkatkan produktifitas.

"Produksi pepaya madu dan hawai kita mencapai 15 ton perhari," terang dia.

Dia juga menegaskan, bahwa Rumbai adalah wilayah pertanian yang sangat potensial untuk tanaman buah. Sehingga pihaknya kini konsentrasi membantu bibit tanaman buah untuk ditanam.

"Selain buah disini juga cocok untuk pengembangan tanaman hias raphis excelsia. Kita miliki luasan tanam 1/2 ha," kata dia.