RAPP Konsisten Jaga Jalur Hijau Area Operasi

id rapp konsisten, jaga jalur, hijau area operasi

RAPP Konsisten Jaga Jalur Hijau Area Operasi

Pekanbaru, (Antara) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) konsisten dalam menjaga jalur hijau (greenbelt) di wilayah operasi perusahaan kehutanan itu, terutama untuk wilayah Estate Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

"Kami tadi telah melakukan pemantauan lewat udara menggunakan helikopter," kata Kepala Dinas Kehutanan Kuantan Singingi, Agusmandar kepada pers di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, dalam memonitoring wilayah operasional itu, pihak perusahaan diwakili Manager RAPP Estate Cerenti, Rudianto.

Selain melihat jalur hijau, dia mengatakan, pihaknya juga memantau tata batas dan tata ruang area operasional perusahaan tersebut.

"Dari hasil pengamatan ini kami menilai, mulai dari tapal batas, tata ruang hingga greenbelt masih terjaga dengan baik. Namun ditemukan fakta baru, bahwa banyak perusahaan perkebunan di Kuantan Singingi justru melanggar batas hijau, dan ini sangat disayangkan," katanya.

Manager RAPP Estate Cerenti, Rudianto mengatakan, pihaknya akan rutin melaksanakan monitoring terhadap area operasional RAPP baik melalui darat maupun udara.

Ia mengatakan, pemantauan dilakukan mulai dari pemantauan tapal batas, tata ruang hingga greenbelt atau jalur hijau yang memang harus dijaga.

"Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah untuk mengelola lahan di Riau demi kesejahteraan ekonomi daerah dan nasional," katanya.

Ia mengatakan, saat ini luas wilayah operasional RAPP Estate Cerenti sekitar 33 ribu hektar. "Sesuai aturan, 10 persen dari luas wilayah itu harus diperuntukkan untuk wilayah greenbelt yang saat ini mencapai 17 persen," katanya.