Warga Pekanbaru Aktifkan Siskamling

id warga pekanbaru, aktifkan siskamling

Warga Pekanbaru Aktifkan Siskamling

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Pekanbaru, Provinsi Riau, meminta wargan untuk mengaktifkan lagi sistem keamanan lingkungan guna menekan tingkat kriminalitas yang belakangan ini semakin tinggi.

"Kita minta aparat dari RT/RW hingga camat untuk siap siaga di lingkungan mereka dan mengajak warganya mengaktifkan kembali ronda," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, selama ini siskamling oleh masyarakat Pekanbaru pudar, sedangkan tingkat kriminalitas semakin tinggi seiring dengan bertambah jumlah warga setempat.

Kalau masyarakat hanya mengandalkan aparat kepolisian dalam menjaga kamtibmas, katanya, tentu saja mereka tidak akan mampu menangani berbagai kejahatan yang timbul, karena jumlah warga tidak seimbang dengan jumlah aparat.

Ia mengatakan cara yang efektif untuk mencegah kejahatan adalah meningkatkan pengawasan oleh masyarakat yang melibatkan mereka sendiri mulai dari lingkungan masing-masing.

"Jadilah polisi bagi diri sendiri," kata dia.

Dia juga meminta aparat desa dan warga senantiasa menyosialisasikan masalah keamanan di kalangan warga dalam setiap pertemuan sehingga rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap keselamatan warga secara bersama dapat tercipta.

"Karena RT/RW-lah yang tahu gerak-gerik warganya, siapa pendatang baru, jika mencurigakan mereka harus segera melaporkan ke aparat terdekat," kata dia.

Dia mengaku prihatin terhadap tingginya kriminalitas di Pekanbaru belakangan ini. Setiap hari selalu ada korban pencurian kendaraan bermotor, perampokan, penjambretan, bahkan sampai memakan korban meninggal dunia.

Dia juga mengingatkan kewaspadaan bukan hanya dilakukan pada malam hari, justru saat siang, warga diminta lebih waspada, terutama jam sibuk mulai 08.00-18.00 WIB.

Dia menjelaskan tingginya kriminalitas di wilayah setempat karena banyak pendatang baru yang mencari hidup di Pekanbaru. Hal itu, tidak bisa dihindari telah berdampak kepada kehidupan sosial yang rawan kriminalitas.

"Ini timbul bukan dari masyarakat asli, tetapi datang dari orang luar yang profesional," kata dia.

Pekanbaru telah berkembang dari kota besar menjadi metropolitan, sebagai kota jasa, industri, yang erat kaitannya dengan kegiatan investasi dan kehadiran tamu.

Ia mengatakan jika tingkat kriminalitas di daerah setempat cenderung tinggi dan tidak diatas secara optimal, akan membuat investor takut datang ke kota itu.

"Investasi akan datang kalau kota aman, bersih, nyaman. Kita harus bersinergi dengan masyarakat membangun keamanan mandiri," kata dia.