Pemilu Sela AS Hasilkan Senator Kulit Hitam PErtama

id pemilu sela, as hasilkan, senator kulit, hitam pertama

Pemilu Sela AS Hasilkan Senator Kulit Hitam PErtama

Washington, (Antarariau.com) - Para pemilih South Carolina telah memilih warga Afro-Amerika pertama menjadi anggota Senat AS dari wilayah selatan AS sejak Perang Saudara Utara-Selatan dua abad silam.

Tidak itu saja, di negara bagian sebelah barat AS, Utah, Mia Love menjadi perempuan kulit hitam pertama yang terpilih sebagai anggota DPR.

Berusia 38 tahun, Love adalah mantan walikota Saratoga Springs, Utah. Dia merebut satu kursi Kongres yang sudah dikuasai seorang Demokrat.

Di South Carolina Tim Scott (49) dengan mudah merebut kembali kursi Senat setelah menjadi senator tanpa dipilih pada 2012 karena senator sebelumnya mengundurkan diri.

Putera seorang asisten perawat yang tumbuh di lingkungan miskin dan kemudian sukses dalam bisnis serta politik lokal, Scott terkenal berpandangn konservatif dan kemenangannya akan kian menguatkan Partai Republik untuk meraih suara di luar pemilih warga kulit putih.

Dia adalah senator kulit hitam pertama dari wilayah Selatan sejak era Rekonstruksi yang merupakan periode setelah Perang Saudara yang berakhir pada 1877.

Dia akan mewakili negara bagian yang menjadi tempat pertama peluru ditembakkan pada Perang Saudara 1861 di mana pemberontak menembaki sebuah kapal pemerintah pusat (federal) di Port Charleston.

Kemenangan Scott menandai suasana kebalikan yang mencengangkan dari senator yang sejak lama mewakili South Carolina, Strom Thurmond, yang adalah penentang utama kesetaraan rasial yang selama bertahun-tahun mengupapayakan pemisahan rasial, demikian AFP.