Pemuda Ditantang Kelola Sampah Dan Lingkungan

id pemuda ditantang, kelola sampah, dan lingkungan

Pemuda Ditantang Kelola Sampah Dan Lingkungan



"Pengelolaan sampah merupakan kegiatan alternatif positif dan bermanfaat bagi masyarakat, kami minta para pemuda tanggap akan masalah sampah seiring meningkatnya volume sampah setiap harinya,"



Muntok, (Antarariaucom) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali menantang para pemuda di daerah itu untuk membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya agar lebih aman dan nyaman.

"Pengelolaan sampah merupakan kegiatan alternatif positif dan bermanfaat bagi masyarakat, kami minta para pemuda tanggap akan masalah sampah seiring meningkatnya volume sampah setiap harinya," kata Bupati Zuhri di Muntok.

Ia menjelaskan, keberadaan bank sampah dan petugas kebersihan belum cukup untuk mengatasi masalah sampah, terutama di ibu kota kabupaten dan kecamatan.

Untuk itu, dia meminta para pemuda ikut bergerak dalam hal itu karena kebersihan dan kenyamanan lingkungan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pengelolaan sampah dan tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan dibutuhkan untuk sektor pariwisata, kami harapkan para pemuda mampu ikut mengatasi permasalahan tersebut," kata dia.

Masalah sampah tidak hanya sebatas pada memungut dan mengolah sampah, namun ada hal penting lain yang masih menjadi perhatian dan keprihatinan pemerintah setempat.

"Yang lebih utama adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bagaimana mengelola sampah rumah tangga, pemahaman tersebut yang harus ditekankan kepada seluruh warga," kata dia.

Produksi sampah di daerah itu mencapai lebih dari 13 ton per hari dan volume tersebut jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu delapan ton per hari.

Kami berharap para pemuda lebih kreatif dalam kegiatan untuk bersama-sama elemen lain membangun Bumi Sejiran Setason menjadi daerah yang mandiri dan sejahtera, kata dia.