Pimpinan DPRD Inhu Dilantik

id pimpinan dprd, inhu dilantik

Rengat, (Antarariau.com) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) definitif Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau periode 2014 - 2019 dilantik dan diambil sumpahnya pada sidang paripurna istimewa, Senin.

"Unsur pimpinan definitif DPRD Inhu yang terdiri dari Ketua Miswanto, SE, (Partai Golkar), Wakil Ketua I Sumini, S.Pdi (PDI Perjuangan), Wakil Ketua II Adila Ansori (Partai Demokrat)," kata Sekeretaris DPRD Indragiri Hulu H Adi Warman.

Ia mengatakan, Unsur pimpinan terpilih untuk lima tahun ke depan adalah yang ditunjuk partai perolehan kursi terbanyak, masing - masing disetujui dan ditunjuk oleh pimpinan partai seterusnya di SK kan Plt Gubernur Riau.

Rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah dan pengucapan janji pimpinan dewan, dipimpin Ketua Sementara H Samsudin dan Wakil Ketua Sementara R Irwan Toni, prosesi pengambilan sumpah dan janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Rengat Kartijono, SH MH.

Hadir pada acara istimewa tersebut, Bupati Inhu H Yopi Arianto, Sekda Raja Erisman, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua KPU, Ketua Panwas, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kaban, Kadis, Kabag, Camat serta tokoh masyarakat Inhu.

Sedangkan anggota dewan yang hadir sebanyak 36 orang dari 40 anggota dengan keterangan satu orang sakit dan tiga tanpa keterangan, pelantikan tiga unsur pimpinan dewan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau yang ditandatangani Plt H Gubernur Arsyadjuliandi Rahman tertanggal 12 November 2014.

Ia mengatakan, pengambilan sumpah diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Riau oleh Sekretaris DPRD Inhu H Adi Warman, dilanjutkan dengan prosesi pengambilan sumpah dan pengucapan janji yang dipimpinan Ketua Pengadilan Negeri Inhu Kartijono.

Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru, semoga sukses dalam mengamban tugas dan amanah rakyat untuk Lima tahun kedepan.

"Saya berharap kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat untuk sama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Inhu dalam mensukseskan pembangunan dibidang infrastruktur dan pembenahan dalam segala aspek kehidupan," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat menantikan adanya perubahan nyata, oleh karena itu selama kepemimpinannya selaku kepala daerah yang dibantu oleh seluruh jajaran akan terus berusaha dan bekerja keras membenahi kelemahan dan berbagai sektor dengan konsep kebersamaan.

"Kegiatan infrastruktur yang sudah dan akan dilakukan, terus kita laksanakan secara bertahap, terutama yang manfaatnya langsung bisa dirasakan masyarakat seperti, listrik, pembangunan jembatan dan jalan. Ini semua tentunya perlu adanya dukungan dari semua pihak, termasuk anggota DPRD," ulasnya.

Menjelang akhir tahun ini, masih banyak tugas yang menunggu untuk diselesaikan, diantaranya pengesahan Tata Tertip DPRD, pembentukan alat kelengkapan, pengesahan RAPBD 2015.

"Semua ini diharapkan bisa selesai sewbelum 31 Desember 2014 ini. Karena bagai manapun juga, ketetapan waktu dalam perngesahan APBD merupakan tolak ukur kinerja pemerintah daerah," ujarnya.