KPU Riau Gelar Acara Apresiasi

id kpu riau, gelar acara apresiasi

KPU Riau Gelar Acara Apresiasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, menyiapkan pagelaran apresiasi untuk seluruh KPU di kabupaten/kota atas keberhasilan dalam menjalankan tugas pada Pemilu legislatif dan Presiden beberapa waktu lalu.

"Kita menggelar kegiatan apresiasi ini atas keberhasilan anggota melakukan pekerjaan dibawah tekanan guna lancarnya proses Pemilu," kata anggota KPU Provinsi Riau Sri Rukmini di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan KPU Provinsi Riau tidak hanya menilai dari kinerja mereka tapi juga konsisten dan integritas.

"Dalam kegiatan apresiasi ini akan dinilai oleh tim dan saat ini mereka bekerja untuk memberikan penilaian pada setiap KPU," paparnya.

Sri juga mengatakan kegiatan ini diketuai oleh Zulkifli yang merupakan dekan fakultas Fisipol Universitas Islam Riau (UIR) dan ada tujuh anggotanya yang menjadi tim penilai.

Tujuh anggota tersebut berasal dari Persatuan Wartawan Inonesia (PWI) Riau, Universitas Riau (UR) dan dari tokoh masyarakat.

"Bentuk apresiasi yang diberikan untuk KPU terbaik yaitu berupa sertifikat dan piagam, jika tidak ada kendala apresiasi ini akan diberikan Desember ini. Apresiasinyapun sama dengan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

"Data-data dari KPU Kabupaten Kota yang ada di Riau dikirim ke KPU Provinsi kemudian nantinya akan diteliti dan dikaji oleh tim penilai tentang keunggulan masing-masing KPU yang ada," jelasnya.

Sri mengatakan ada enam yang menjadi dasar penilaian oleh KPU sendiri pertama dari segi sosialisasi, kedua dari daftar pemilih tetap (DPT) ketiga penyelenggara pemilu yang berintegritas, keempat dari segi iklan-iklan yang layanan masyarakat yang bersifat kreatif.

Selanjutnya, dia mengatakan dasar penilaian yang kelima yaitu transparansi informasi dan yang terakhir adanya pemilu akses, kegiatan apresiasi ini dilakukan lima tahun sekali. (*/tik)