PT RAPP Kurang Komitmen Sejahterakan Warga

id pt rapp, kurang komitmen, sejahterakan warga

PT RAPP Kurang Komitmen Sejahterakan Warga

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Manajemen PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dinilai anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau Andi Nurbai kurang berkomitmen dalam menyejahterakan warga masyarakat setempat.

"Janji yang disampaikan oleh manajemen perusahaan itu diingkari dan nota kesepahaman juga tidak jelas," kata Andi di Kuantan Singingi, Rabu.

Warga mulai gerah dan menyoroti masalah keberadaan PT RAPP sebagai perusahaan kertas raksasa di Riau yang dinilai kepeduliannya masih rendah.

Ia mengatakan, selama ini perusahaan yang memilki aset di Kuansing ini bagaikan pahlawan di tengah masyarakat dan seolah memiliki komitmen tinggi untuk membantu peningkatan ekonomi warga.

Apa tindakan riil perusahaan menjadi tolak ukur kegiatan sosial di tengah masyarakat Kuansing, setiap ada kegiatan selalu dibesar - besarkan sebagai pencitraan.

"Saya melihat sebenarnya hanya janji dan publikasi saja, ternyata kepincangan sosial di tengah - tengah masyarakat Kuansing yang dilakukan perusahaan milik Sukanto Tanoto ini, masih marak," ujarnya.

Secara keseluruhan aktifitas PT RAPP di Kuansing membuat dirinya kesal, khususnya kesepakatan yang telah dibuat berupa MoU pengaspalan jalan aspal poros Benai tidak terealisasi sepenuhnya, hanya sebagian kecil saja bahkan terkesan PT RAPP tidak serius.

Menurutnya, Kuansing merupakan sumber utama terbesar bahan baku perusahaan tersebut, akan tetapi kontribusi untuk rakyat Kuansing tidak jelas, hanya publikasinya saja dibesar-besarkan.

"Warga yang berada di pinggiran Hutan Tanaman Industri (HTI) hidup dalam kesulitan ekonomi, kesehatan dan pendidikan bahkan Program Community Development (CD) RAPP tak lebih kepada pembodohan dan terlihat tidak membantu substansi masalah ekonomi rakyat," tegasnya.

Aktifitas truk balak PT RAPP telah menimbulkan kerusakan infrastruktur di Kuansing, di mana banyak ruas jalan yang hancur hingga sering terjadi lakalantas dan kemacetan panjang.

Corporate Communications Head PT RAPP Djarot Handoko kepada wartawan membantah dan menyatakan bahwa mengenai realisasi MoU pengaspalan jalan dengan Pemkab Kuansing pihaknya masih komit.

"Saat ini dalam proses tahap revisi disain perencanaan sesuai kondisi lapangan dan kami berharap pekerjaan dapat terlaksana dalam waktu dekat sesuai dengan kesepakatan," ujarnya.