Pemkab Mulai Operasikan Puskesmas Rawat Inap

id pemkab mulai, operasikan puskesmas, rawat inap

Pemkab Mulai Operasikan Puskesmas Rawat Inap

Bagansiapiapi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mulai mengoperasikan Puskesmas rawat inap di sejumlah kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Junaidi Saleh, Kamis, mengatakan, saat ini Dinkes setempat memfokuskan pada pemenuhan sarana dan prasarana terhadap Puskesmas rawat inap itu.

"Untuk puskesmas rawat inap pola pembangunannya harus fisik dulu baru isinya," katanya.

Dia menjelaskan, Dinas Kesehatan sebagai leading sektor pembangunan puskesmas fokus pada pengerjaan pembangunan fisik. Nanti, Setelah dinyatakan siap dan layak pakai akan dilanjutkan penganggaran alat kesehatan dan fasilitas lain yang diperlukan.

Sebetulnya, ia mengungkapkan ingin untuk melaksanakan pembangunan terpadu atau sekali gus dengan mobiler atau isinya supaya bisa digunakan langsung.

Namun begitu, menurut dia hal tersebut tidak bisa dilakukan karena dilarang oleh undang-undang.

"Kalau fisiknya tidak siap tentu menjadi kendala juga di lapangan," ujarnya.

Saat ini, memang masih terdapat puskesmas di sejumlah kecamatan yang terkendala untuk difungsikan. Pada akhirnya masyarakat di kecamatan tidak bisa memanfaatkan keberadaan puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan memadai. Misalnya, gedung di puskesmas di kecamatan Simpang Kanan, Batu Hampar, Pekaitan yang pengerjaan belum rampung.

"Tentu saja kita belum bisa dimaksimalkan, karena UU itu tadi, sehingga harus dilakukan secara bertahap," tegasnya.