Ini Cara Harapan Jaya Cegah Karhutla

id ini cara, harapan jaya, cegah karhutla

Ini Cara Harapan Jaya Cegah Karhutla

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah dan warga Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir secara swadaya membangun sekat parit agar rembesan air mengalir pada lahan gambut yang kekurangan air di bawahnya.

Tujuannya untuk mencegah mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat, kata Kepala Desa Harapan Jaya, Rasidi di Harapan Jaya, Rabu.

"Kontur lahan gambut di desa ini tidak merata sehingga ada sebagian yang sangat jauh permukaan air di bawahnya. Hal ini rentan akan terjadinya kebakaran lahan. Oleh karena itu dibuatlah sekat parit agar air yang terhambat itu merembes pada lahan sehingga menambah tinggi permukaan air," katanya.

Desa Harapan Jaya, lanjutnya, adalah desa eks transmigrasi yang mulai ditempati sejak tahun 1980-an. Desa yang terletak di tepi Sungai Indragiri ini saat itu dibuatkan parit-parit untuk irigasi dan transportasi. Namun parit yang dibuat itu tidak sesuai dengan kontur tanahnya sehingga menyebabkan ada area yang kelebihan air dan juga kekurangan air.

Dia mengatakan, hal itu dilakukan setelah dirinya mendapatkan kesempatan belajar di Thailand pada pertemuan desa daerah gambut ASEAN. Pada kesempatan itu dia mendapatkan pelajaran bahwa tanaman di atas lahan gambut idealnya berjarak 80 cm dengan permukaan air di bawahnya.

"Karena akar tanaman tidak akan bisa menyerap air kalau kedalamannya lebih dari 80 cm. pada musim kemarau ini akan kering dan rentan terbakar," jelasnya.

Secara teknis, dia mengatakan, pembuatan sekat dilakukan dengan menumpuk karung berpasir di parit dekat lahan kekurangan air dengan tinggi lebih rendah 5-10 cm di bawah permukaan air di parit. Kemudian karung itu dilapisi kayu kelah yang tahan air.

"Kalau tinggi sekat sama dengan permukaan air, tentu debit airnya lebih kencang," ucapnya.

Menurut dia, saat ini sekat yang telah dibangun sudah berjumlah tujuh dan diperlukan lebih dari 15 sekat kanal lagi agar tidak ada lahan gambut yang permukaan airnya jauh di bawah tanah.