Desa Harapan Jaya Terapkan Konsep Jurnalisme Warga

id desa harapan, jaya terapkan, konsep jurnalisme warga

Desa Harapan Jaya Terapkan Konsep Jurnalisme Warga

Tembilahan, (Antarariau.com) - Desa harapan Jaya, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir menerapkan konsep jurnalisme warga sebagai sarana berbagi informasi mengenai daerahnya untuk kemudian diterbitkan dalam situs resmi desa setempat, www.harapanjaya.desa.id.

"Dalam upaya meningkatkan penerapan teknologi dan informasi, masyarakat Desa Harapan Jaya menerapkan konsep jurnalisme warga dimana penduduknya menjadi pewarta sebagai sarana berbagi informasi dalam situs resmi desa," kata kata Direktur Yayasan Mitra Insani (YMI), Hisam Setiawan di Desa harapan Jaya, Jumat.

YMI merupakan fasilitator terhadap masyarakat desa setempat untuk melakukan pengelolaan gambut dalam upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan berbasiskan masyarakat.

Desa Harapan Jaya sendiri merupakan satu desa yang dijadikan "Pilot Project" di Riau dan Indonesia dalam program yang digagas oleh Sekretariat ASEAN, yaitu "Sustainable Peatland Management in South East Asia (SEApeat) Project".

Hisam mengatakan, informasi yang disajikan diutamakan dalam upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan di desa yang hampir 80 persen tanahnya adalah gambut yang rawan terbakar.

Masyarakat yang ingin menuliskan informasi diberi kebebasan mewartakan tanpa harus mengIkuti kaedah baku tulisan jurnalistik yang seperti media arus utama. "Yang penting bisa mengabarkan 5W+1H saja," katanya.

Dampak dari jurnalisme warga ini adalah munculnya respon dari pihak luar. Diantaranya bantuan peralatan pemadam kebakaran kepada Masyarakat Patroli Api (MPA) desa setempat dan juga bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi berupa peralatan komputer dan internet.

"Itu didapatkan berkat tulisan warga yang ada di situs resmi desa," katanya.

Sebelumnya, untuk membuat situs desa perlu jalan panjang terlebih dahulu karena domain go.id hanya sampai level kabupaten. Akhirnya diusahakan sehingga mendapatkan domain desa.id.

Selain itu, kata dia, Desa harapan Jaya juga memiliki sarana informasi, yakni Radio Kumunitas Selasih 107,7 FM. Penyiarnya juga warga setempat. Radio ini mengabarkan informasi dan hiburan terutama untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan.