Smartpreneur dan Hipmi Riau Siapkan Lima Wakil Kompetisi Bisnis Nasional

id smartpreneur dan, hipmi riau, siapkan lima, wakil kompetisi, bisnis nasional

Smartpreneur dan Hipmi Riau Siapkan Lima Wakil Kompetisi Bisnis Nasional

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Smartpreneur Community Pekanbaru dan Himpuan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Riau akan menyiapkan lima wakil dari provinsi setempat untuk berkompetisi di tingkat nasional dalam program "Pitching Business Plan" yang nantinya akan memperebutkan modal usaha senilai Rp2 miliar.

"Para peserta akan mengikuti program Coaching Bisnis selama 2,5 bulan dan nantinya akan dipilih sebanyak lima terbaik dari masing-masing kategori untuk mewakili Riau di tingkat nasional," kata Ketua Smartpreneur Community Pekanbaru kepada Antara melalui surat elektronik di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan lima wakil itu akan mengikuti lima kategori yang ditetapkan Smartpreneur Community yaitu bisnis "food and beverage", fesyen, teknologi dan industri kreatif, jasa dan juga mahasiswa. Selanjutnya mereka akan bersaing pula dengan lima wakil dari delapan kota di Indonesia.

"Nantinya akan ada 40 orang peserta dari delapan kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Padang, Jambi, Palembang dan juga Pekanbaru," jelasnya.

Sebelum menentukan lima orang itu, kata Ricky, saat ini tengah digelar Workshop Smart Business Map (SBM) selama dua hari, 22-23 November 2014 di Angkasa Garden Hotel Pekanbaru. Dia mengatakan ini ini merupakan program lanjutan dari kegiatan sebelumnya lagi yakni Business Coach Training, 1-2 Oktober 2014 lalu.

Pelatihan itu, lanjutnya, mendapatkan animo yang sangat luar biasa, bahkan panitia dengan berat hati terpaksa "menolak" sebagian peserta karena memang kegiatan ini sifatnya terbatas dan harus fokus. Pembicaranya adalah Founder & CEO SmartPreneur Community Pro Indonesia Pusat, Yusza M Yahya dan seorang Coach yang juga pengusaha, Taufan Umbara.

Sementara itu, Ketua BPD Hipmi Riau Ahmi Septari mengatakan program ini akan berlanjut terus-menerus hingga di tahun 2020 tercapai target lima persen pengusaha di Indonesia atau satu juta Pengusaha Indonesia pada tahun 2020.

"Artinya, target kita nantinya 1 dari 20 penduduk Indonesia yang berusia produktif di tahun 2020 adalah pengusaha. Oleh karenanya, program atau gerakan ini dinamakan One in Twenty Movement," pungkasnya.*