Bupati Kampar Tanggapi Pandangan Fraksi

id bupati kampar, tanggapi pandangan fraksi

Bupati Kampar Tanggapi Pandangan Fraksi

Bangkinang Kota, (Antarariau.com) - Bupati Kampar H. Jefry Noer memberikan tanggapan atas pandangan fraksi DPRD setempat tentang Rancangan Anggaran Pemerintah dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2015 di gedung DPRD Kampar jalan lingkar Bangkinang, Kamis (20/11).

Pemerintah Kabupaten Kampar memberikan apresiasi terhadap anggota DPRD Kampar yang telah dibahas dan atas pandangan fraksi-fraksi DPRD Kampar, " Pemkab Kampar mengucapkan terima kasih atas telah dibahasnya RAPBD Tahun Anggaran 2015 yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai Perda APBD 2015." kata Bupati Kampar.

Terhadap pandangan Fraksi golkar yang disampaikan Harsono yang mempertanyakan tentang sekolah gratis Bupati Kampar menyatakan bahwa penggunaan pengelolaan pendidikan gratis yang dituangkan dalam perbup nomor 70 tahun 2014 dan juknis penggunaan pengelolaan dan pendidikan gratis dimana seluruh aktifitas penyelenggaraan pendidikan seperti PPDB, perpisahan, kegiatan ekstra kurikuler siswa dan honor guru komite bersumber dari dana APBD yang diperuntukkan bagi sekolah SMA Negeri sebanyak 38 sekolah dan 5 SMK yang ada di Kabupaten Kampar.

Sementara itu fraksi-fraksi, yang menanyakan tentang Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata Kubang jaya Bupati Kampar menyampaikan bahwa ini berdasarkan kepada peraturan Menteri Pertanian RI nomor 3 tahun 2010 tentang pedoman pengelolaan P4S, serta Keputusan Kementerian Pertanian RI nomor 01/SM.440.01/02/2012 tentang sertifikasi klasifikasi P4S Karya Nyata Kubang Jaya serta kerjasama Pemerintah Kabupaten Kampar dengan P4S Karya Nyata Kubang Jaya. " Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Kampar telah melatih sebanyak 4.861 orang," kata jefry Noer yang menyampaikan dengan penuh semangat.

Kegiatan ini mengubah kondisi kemiskinan penduduk dimana pada awal Januari 2012 kondisi miskin di Kampar sebesar 22.48 persen, setelah dilakukan mapping oleh para camat dan kepala desa. mapping ulang yang dilakukan akhir desember 2012 kemiskinan turun menjadi 19,51 terjadi penurunan 2,97 persen. pada Desember 2013 kondisi miskin di Kampar berada pada kisaran 12,89 persen, turun sebesar 6,68 persen." kata Jefry Noer yang berharap pada tahun 2015 kondisi kemiskinan akan turun dan pada akhir 2016 Kampar telah terbebas dari kemiskinan.

Sementara itu pandangan fraksi-fraksi mengenai Sekolah Unggulan Terpadu Jefry Noer menyampaikan bahwa sistem sekolah dengan system Boarding School atau sekolah berasrama menggunakan kurikulum pembelajaran al-quran dn hadist serta hafalan atau tahfiz quran. Sampai saat ini jumlah murid yang belajar di SUT sebanyak 214 siswa. pengkajian ini merupakan kerjasama Pemkab Kampar dengan BPPT dalam menyususn Grand Disign dan Review Detail Engineering Design (DED), sehingga pada tahun 2015 dilokasi lahan Eks IPDN yang merupakan tempat pembangunan SUT modern di Riau dapat diwujudkan.

"Banyak pandangan yang telah diberikan oleh fraksi-fraksi, dan ini dalam rangka kampar lebih baik" Kata Jefry yang menambahkan dan menerangkan berbagai usulan dan pandangan dari fraksi-fraksi DPRD Kampar termasuk tentang P4S, Rumah Sakit Umum, puskesmas dan tentang rumah layak huni, semuanya diterangkan dengan lugas dan jelas oleh Bupati Kampar jefry Noer yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kampar, Kepala Dinas dilingkungan Pemkab Kampar, dan Alumni P4S Karya Nyata yang juga menyempatkan menyanyikan lagu Mars P4S Karya Nyata tersebut.

Semua Pandangan fraksi yang memberikan masukan dan pandangan terhadap RABD 2015, semoga ini menjadi tonggak untuk mebangun Kampar kedepan dan kita berharap pembahasan ini dapat dilaksnakan, sehingga dapat pula dijadikan sebagi APBD Kampar untuk dibahas lebih lanjut. (Adv)