PKK Imbau Warga Terapkan Pilaku Hidup Bersih

id pkk imbau, warga terapkan, pilaku hidup bersih

PKK Imbau Warga Terapkan Pilaku Hidup Bersih

Tapunghilir, (Antarariau.com) - Ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak pendidikan kesejahteraan keluarga (PKK) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, mengimbau agar warga setempat menerapkan perilaku hidup bersih Untuk menjaga keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat. Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dimulai dari keluarga.

Hal itu dikatakan Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Hj Eva Yuliana Jefry SE saat memberikan arahan pada acara penilaian lomba PHBS Tingkat Provinsi Riau. Dari Kabupaten Kampar diwakili oleh Desa Suka Maju, Kecamatan Tapung Hilir, Kamis (20/11).

Eva menerangkan bahwa untuk berprilaku hidup bersih, memang harus dari kesadaran kita sendiri. Salah satu contohnya bagi kaum laki-laki yang punya kebiasaan merokok didalam rumah, ini akan membahayakan kesehatan keluarga kita karena notabenenya, para perokok pasif akan lebih berbahaya dibanding perokok aktif, apalagi bila dalam rumah ada bayi dan balita akan sangat merugikan kesehatan.

Untuk itu, lanjut Eva, diharapkan kesadaran kaum laki-laki agar bisa menjaga kesehatan keluarganya, kalau memang juga harus merokok, buatlah daerah khusus atau pojok rokok disekitar rumah kita agar keluarga yang lain tidak dirugikan oleh polusi tersebut.

"Saya berharap, agar Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ini nantinya tidak berhenti di sini saja menjelang selesai penilaian. Terapkanlah PHBS dilingkungan kita untuk seterusnya, karena hidup bersih sangat banyak sekali manfaatnya, terutama bagi kesehatan, apalagi kebersihan juga merupakan sebahagian dari iman," ungkap Eva.

Kepada para kader PKK Desa Eva berharap agar tetap berperan aktif dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk melakukan PHBS, sehingga nantinya seluruh mastarakat Desa Suka Maju bisa berprilaku hidup bersih dan sehat. Kepada dewan juri, Eva berharap, agar segala usaha yang telah dilakukan oleh para kader PKK dan seluruh masyarakat Desa Suka Maju tidak sia-sia dan dapat membuahkan hasil yang membanggakan, yakni mendapat juara ditingkat provinsi bahkan sampai ketingkat Nasional.

Sementara itu, juri dari PKK Provinsi Riau mengatakan, untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat, para kader PKK Desa yang merupakan penyampai pesan pembangunan dari PKK Kabupaten, diharapkan dapat memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang PHBS kepada masyarakat sampai nantinya masyarakat tersebut bisa mandiri dan berkomitmen untuk PHBS.

Camat Tapung Hilir Mulatua SSos MIs yang hadir pada penilaian tersebut sangat berharap agar nantinya Desa Suka Maju dapat meraih prestasi sesuai dengan yang diharapkan. "Kepada desa-desa yang belum terpilih untuk mengikuti lomba PHBS agar dapat mencontoh Desa Suka Maju agar nantinya Seluruh Desa di Kecamatan Tapung Hilir bisa mewujudkan PHBS di lingkungan masing-masing," tambahnya.(Adv)