Disperindag Dumai Wajibkan Pangkalan Elpiji Sediakan Timbangan

id , disperindag dumai, wajibkan pangkalan, elpiji sediakan timbangan

  Disperindag Dumai Wajibkan Pangkalan Elpiji Sediakan Timbangan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai, Riau, Zulkarnaen mewajibkan pangkalan elpiji tabung isi tiga kilogram menyediakan timbangan dan menjual sesuai harga eceran tertinggi (HET).

"Pangkalan harus menyediakan timbangan agar pelanggan bisa langsung menimbang berat tabung normal 7,8 kilogram, dan ini sudah disepakati bersama antara pemerintah dengan agen serta pengusaha," katanya kepada pers, Senin.

Dia menyebutkan, penegasan harga jual sesuai HET menindaklanjuti keluhan masyarakat yang kerap mendapatkan harga elpiji di atas HET bahkan hingga mencapai Rp30 ribu per tabung.

Terkait HET, Disperindag telah berulangkali menyampaikan imbauan ke pihak agen dan pangkalan untuk mematuhi aturan supaya masyarakat mendapatkan harga yang pantas serta tidak terlalu memberatkan.

"Disperindag sudah mengimbau agar agen dan pangkalan menjual sesuai HET dan meletakkan harga tidak terlalu tinggi, tapi kenyataan sejauh ini masih banyak yang menjual diatas rata-rata," ungkap dia.

Di samping menekankan soal timbangan dan HET, pihaknya juga akan terus mengawasi jalur pendistribusian gas elpiji tersebut supaya tidak terjadi kendala dan kelangkaan di pasaran.

Masalah pendistribusian, sebut dia, banyak agen bersikap tidak adil kepada pangkalan karena menyalurkan jumlah tabung tidak sesuai dengan kontrak yang sudah dibuat.

Disperindag juga meminta pangkalan untuk menyediakan racun api dan melengkapi seluruh persyaratan administrasi serta memprioritaskan menjual elpiji kepada masyarakat yang memiliki kartu keluarga (KK).

"Pangkalan harus mengutamakan penyaluran elpiji ke masyarakat sekitar yang memiliki kartu keluarga, dan tidak dibenarkan menjual ke warga di luar lingkungan setempat yang hanya untuk mencari keuntungan," tegasnya.

Dalam rangka evaluasi kinerja pendistribusian elpiji tiga kilogram, Disperindag saat ini intensif mengadakan rapat bersama agen dan pangkalan untuk menindaklanjuti keresahan masyarakat dan sejumlah persoalan.