TNI Siapkan Tiga Helikopter Untuk "Blusukan" Presiden

id tni siapkan, tiga helikopter, untuk blusukan presiden

TNI Siapkan Tiga Helikopter Untuk "Blusukan" Presiden

Pekanbaru, (Antarariau.com) - TNI menyiapkan tiga helikopter agar Presiden Joko Widodo dapat dengan cepat meninjau beberapa daerah rawan kebakaran hutan dan lahan saat melakukan kunjungan kerja yang populer dengan istilah "blusukan" di Provinsi Riau.

"Tiga helikopter TNI AU yang disiapkan adalah dua helikopter Bell dan satu Super Puma," kata Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan penggunaan helikopter berubah dari rencana awal menggunaka dua Super Puma, karena satu heli tersebut juga akan digunakan untuk kegiatan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menurut dia, tiga helikopter untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dimobilisasi dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Menurut dia, dua heli Bell sudah tiba di Pekanbaru pada siang ini. "Langsung kita lakukan pengujian kelayakan," ujarnya.

Ia mengatakan Pemprov Riau bersama TNI dan Polri serta instansi terkait hingga kini terus melakukan persiapan menjelang kedatangan Presiden Jokowi pada Rabu, 26 November. Pengamanan akan melibatkan 3.900h personel gabungan TNI dan Polri.

"Personel gabungan TNI danPolri mencapai 3.900 orang itu untuk seluruh Riau, karena di luar Kota Pekanbaru kita juga menggelar operasi imbangan," ujarnya.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi setelah tiba di Pekanbaru akan langsung terbang menggunakan helikopter meninjau sejumlah daerah lokasi rawan kebakaran lahan dan hutan serta singgah sebentar bertemu masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk pengamanan di daerah tersebut, lanjutnya, dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI-Polri sudah diberangkatkan lebih dulu.

"Satu SSK Brimbon dan SSK TNI AD sudah dikirim duluan karena harus menyebrangi laut menuju lokasi di Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti," katanya.

Rute terbang Presiden Jokowi direncanakan akan melihat Taman Nasional Tesso Nilo, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dan beristirahat di Kepulauan Meranti. Sedangkan, rute pulangnya akan melintasi Pulau Padang dan Danau Zamrud.

Setelah "blusukan" ke daerah rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, rombongan Presiden Jokowi dijadwalkan menjumpai masyarakat di Pasar Bawah, yaitu pasar wisata di Kota Pekanbaru.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Pekanbaru sekitar pukul 12.00 WIB dan hanya akan berada di Riau sekitar empat jam, karena sudah harus bertolak ke Jakarta pada sekitar pukul 16.00 WIB.