DPU Dumai Optimis Proyek Jalan Jembatan Tuntas

id dpu dumai, optimis proyek, jalan jembatan tuntas

DPU Dumai Optimis Proyek Jalan Jembatan Tuntas

Dumai, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Dumai, Riau, optimistis pelaksanaan proyek fisik peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan tuntas setahun ini meski terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Bidang Bina Marga DPU Dumai Nur Istiqlal, Senin menyebutkan, perubahan harga BBM yang ditetapkan pemerintah telah mempengaruhi kenaikan sejumlah harga material pekerjaan fisik mencapai sekitar 20 persen.

"Kita optimis proyek bisa tuntas tahun ini meski kontraktor pelaksana pekerjaan mendapati harga material mengalami kenaikan akibat kebijakan perubahan harga bahan bakar minyak," kata dia.

Dia menjelaskan, rasa optimistis ini didasarkan pada perkembangan pekerjaan hingga November sudah mencapai di atas 80 persen dan tinggal menyelesaikan tahap finalisasi.

Menindaklanjuti persoalan ini, kata dia, pihaknya segera melakukan penyesuaian harga terkini material untuk kepentingan perencanaan dan penyusunan anggaran kegiatan fisik tahun 2015 mendatang.

"Penyesuaian harga material tidak kita lakukan tahun ini karena sudah di penghujung, namun akan disesuaikan untuk penyusunan rencana anggaran kerja 2015 nanti," ungkapnya.

Dia juga berharap agar musim hujan belakangan ini tidak menjadi kendala dan persoalan bagi rekanan dalam penyelesaian pelaksanaan pekerjaan yang terus digesa oleh pemerintah hingga akhir tahun.

DPU Dumai pada 2014 ini meluncurkan sejumlah proyek peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan dalam rangka penanggulangan banjir di kota itu dengan total anggaran belasan miliar rupiah.

Salah satu proyek tersebut, yaitu pelebaran jalan dan parit di Jalan Hasanuddin Kecamatan Dumai Kota selebar satu meter dan panjang satu kilometer menggunakan kontruksi cor beton senilai Rp15 miliar, bertujuan memperlancar saluran air yang kerap menggenangi jalan.