Dishutbun Rohul Tanam 10 Ribu Pohon Pelindung

id dishutbun rohul, tanam 10, ribu pohon pelindung

Dishutbun Rohul Tanam 10 Ribu Pohon Pelindung

Pasir Pengaraian, (Antarariau.com) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menargetkan menanam 10 ribu batang pohon pelindung di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau sepanjang jalan Protokol Pasir Pengaraian.

"Pihak dinas telah menyediakan sekitar 5.000 batang pohon penghijauan yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya jenis mahoni, matoa dan ketapang," Kata Kepala Dishutbun Rohul Sugiyarno di Pasir Pengaraian, Senin.

Dia mengatakan bahwa Bibit pohon tersebut juga telah dibagikan kepada beberapa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Universitas Pasir pengaraian, kantor desa atau kelurahan dan kantor instansi.

"Untuk menyulam hutan kota, bibit pohon penghijauan sudah kami sebarkan," jelasnya.

Rohul mengatakan hutan kota yang sedang ditanam itu akan berbentuk seperti hutan kota yang terletak di belakang Kantor Bupati Rohul, Gedung Dharwa Wanita serta kawasan Kompleks Perumahan Dinas milik Pemerintah kabupaten Rohul.

"Target kita adalah 10 ribu batang pohon ini bisa di tanam dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia pada Desember tahun 2014," katanyanya.

Untuk perawatan, pohon yang sudah di tanam tersebut akan menjadi tanggung jawab dari dinas terkait misalnya pohon yang akan ditanam di RTH akan menjadi tanggungjawab dari pihak Badan Lingkungan Hidup atau BLH Rohul.

Sedangkan untuk hutan kota akan menjadi tanggung jawab dari pihak Dishutbun Rohul, termasuk pohon penghijauan yang akan ditanam di sepanjang jalan Protokol atau Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian.

Selain untuk penghijauan, langkah menanam sepuluh ribu pohon itu juga dilakukan untuk mendukung Kabupaten Rohul meraih Piala Adipura 2015.