Legislator Harap Kedatangan Jokowi Perbaiki Pengelolaan SDA

id legislator harap, kedatangan jokowi, perbaiki pengelolaan sda

Legislator Harap Kedatangan Jokowi Perbaiki Pengelolaan SDA

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator DPRD Riau berharap kedatangan Presiden Joko Widodo ke provinsi setempat pada Rabu (26/11) bisa membawa dampak positif bagi masyarakat seperti memperbaiki pengelolaan Sumber Daya Alam.

"Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak kekayaan alam, mulai dari yang dapat diperbaharui dan tidak. Inilah yang harus mampu dikelola dengan baik. Harapan kita ini juga bisa menjadi perhatian Presiden saat ke Riau," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Ade Hartati di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, perbaikan yang dimaksud adalah agar provinsi ini tidak hanya menghasilkan bahan mentah saja, tetapi juga bisa diolah sendiri. Contohnya Perkebunan Kelapa Sawit dan Buah Kelapa yang lahannya termasuk luas di Indonesia.

Menurut dia, jika ada pengeloloan terarah pada industri SDA tersebut tentu akan menumbuhkan lapangan kerja baru. Oleh karena itulah, lanjutnya, hal ini perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, untuk rencana Jokowi yang akan mengunjungi wilayah kebakaran lahan dan hutan di Riau, Ade berharap di bawah kepemimpinan masalah ini bisa diselesaikan. Hal ini penting karena kebakaran yang terjadi hampir setiap tahunnya berada di kawasan atau lahan perkebunan milik sejumlah perusahaan besar.

"Mengenai izin penggunaan lahan, ini adalah wewenang pemerintah pusat. Tentunya ini juga harus menjadi perhatian presiden karena dari tahun 1997 sampai sekarang kebakaran hutan masih saja menjadi permasalahan di Riau," ujarnya.

Kepala Biro Humas Sekertaris Daerah Provinsi Riau, Yoserizal mengatakan, Presiden Jokowi akan tiba di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Noerjadin Pekanbaru pukul 12.00 WIB, Rabu (24/11). Kemudian langsung terbang dengan menumpangi helikopter menuju Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti berdialog dengan warga setempat.

Setelah itu, Presiden kembali ke Lanud Roesmin Noerjadin dengan melewati Pulau Padang di Kabupaten Kepulauan Meranti, kemudian Cagar Biosfer Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis dan Taman Nasional Teso Nilo di Kabupaten Pelalawan.

"Setelah tiba di Pekanbaru, Presiden akan blusukan terlebih dahulu ke Pasar Bawah," sebutnya.