Chevron Imbau Mitra Kerja Utamakan Tenaga Lokal

id chevron imbau, mitra kerja, utamakan tenaga lokal

Chevron Imbau Mitra Kerja Utamakan Tenaga Lokal

Pekanbaru (Antarariau.com) - Managemen PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) mengimbau seluruh mitra kerja untuk mengutamakan tenaga kerja lokal dalam setiap kegiatan dalam memenuhi kebutuhan minyak nasional.

"Chevron juga menghormati hak setiap mitra kerja untuk mengelola usahanya termasuk dalam penerimaan tenaga kerja lokal," kata Manajer Komunikasi Chevron, Tiva Permata lewat pesan elektronik yang diterima, Senin (24/11).

Pernyataan Tiva menanggapi adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan sekitar seratus orang tergabung dalam Komite Reformasi Perjuangan Hak Putra Melayu Riau (KRPHPMR).

Dalam aksinya di jalanan umum Kota Duri, Kabupaten Bengkalis dimulai pukul 07.00 WIB itu, massa menyandera sekitar seratus unit kendaraan perusahaan mitra kerja.

Para demonstran menuntut agar perusahaan mitra kerja turut mempekerjakan tenaga lokal khususnya etnik Melayu.

"Intinya kami menghormati setiap warga negara untuk menyampaikan pendapatnya sepanjang hal itu dilakukan dengan damai, sesuai koridor peraturan dan hukum yang berlaku," katanya.

Namun demikian, lanjut dia, Chevron tetap menghormati hak setiap mitra kerja untuk mengelola usahanya, termasuk dalam penerimaan tenaga kerja lokal.

Sekretaris Umum KRPHPMR Ali Mujahidin sebelumnya mengatakan, demonstrasi tersebut dilakukan untuk menuntut agar mitra kerja Chevron mengakomodir tenaga kerja Asli Melayu.

Ia mengatakan pada dua kesepaktan terdahulu, pihak Chevron dan mitra kerja setuju untuk memprioritaskan putra asli Melayu Riau untuk mendapat pekerjaan.

Menurut dia, yang dimaksud putra daerah asli adalah apabila salah satu ataupun kedua orang tua asli dan lahir di Riau.

Selain itu, ia mengatakan masyarakat tempatkan berharap agar perusahaan menyalurkan dana sosial (CSR) lebih banyak ke penduduk tempatan yang asli lahir dan besar di wilayah operasi.

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengoeprasikan aset-aset negara di bawah pemgawasan SKK Migas.

CPI bekerja di satu wilayah produksi di Provinsi Riau berdasarkan Kontrak Bagi Hasil di mana kontrol dan pembagian hasil terbesar berada di pihak negara.

Chevron juga merupakan afiliasi dari perusahaan energi kelas dunia, Chevron Corporation, dan merupakan kontributor produksi minyak terbesar secara nasional.

Selama beroperasi di Riau, perusahaan ini telah banyak membangun dan menyalurkan dana sosial ke berbagai kebutuhan daerah dan masyarakat, mulai dari pembangunan jalan, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia lewat program memajukan pendidikan.

Perusahaan ini juga kerap mendukung pemerintah daerah dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat kecil dan menengah, salah satunya lewat program penyaluran dana bagu pelaku UMKM. ***