Basarnas Cari Atlet Dayung Tenggelam Di Sungai

id basarnas, cari atlet, dayung tenggelam, di sungai

 Basarnas Cari Atlet Dayung Tenggelam Di Sungai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru menurunkan tim untuk mencari Rubi Adriani seorang atlet dayung Provinsi Riau yang dinyatakan hilang ketika kayak yang digunakan untuk latihan terbalik akibat terempas gelompang Sungai Siak.

"Ada 12 orang dari Basarnas yang kami terjunkan dan dibagi menjadi dua tim untuk melakukan pencarian terhadap korban," kata Humas Basarnas Pekanbaru Kukuh Widodo kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk satu tim ditempatkan di perahu karet dan satu lagi berada di Kapal Negara (KN) 402 dengan panjang 12 meter.

Kukuh mengatakan, upaya pencarian korban dilakukan dengan titik awal atau di lokasi pertama kali korban dinyatakan hilang, yakni di sekitar Pelabuhan Caltex PT Raja Garuda Mas (RGM), Rumbai, Pekanbaru.

Menurutnya, kejadian itu berawal dari para atlet yang akan disiapkan untuk kejuaraan nasional (kejurnas) itu sedang melakukan latihan di lokasi kejadian.

Ketika itu, lanjutnya, ada empat kayak yang sedang latihan, namun tiba-tiba kapal feri melintas di lokasi latihan dengan cepat sehingga menimbulkan ombak yang mengakibatkan salah satu kayak terbalik.

"Sebenarnya ada dua orang yang sempat tenggelam, namun satu atas nama Winda (20), atlet asal Kuantan Singingi berhasil diselamatkan," katanya.

Sementara seorang atlet lagi atas nama Rubi Adriani, warga asal Tanjung Pinang, sampai siang masih dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

"Kejadiannya pukul 09.25 WIB dan tim dayung menginformasikan ke Basarnas pada pukul 09.40 WIB," katanya.

Lima menit kemudian karena kebetulan kapal Basarnas berada tidak jauh dari lokasi kejadian, kata dia, tim akhirnya sampai ke TKP dan langsung melakukan olah kejadian untuk selanjutnya menyisir perairan tersebut.

Kukuh mengatakan, hingga pukul 14.12 WIB tim belum menemukan korban dan masih melakukan penyisiran sejauh mungkin baik mengarah ke hilir maupun hulu sungai.

Menurut penelusuran, Rubi Adriani merupakan atlet dayung yang direkrut dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, untuk mengikuti Kejurnas di Makassar mewakili Riau.