PTPN V Bantu 37 UMKM Mitra Binaan Siak

id ptpn v, bantu 37, umkm mitra, binaan siak

PTPN V Bantu 37 UMKM Mitra Binaan Siak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Perkebunan Nusantara V yang beroperasi di wilayah Provinsi Riau menyalurkan bantuan bergulir sebesar Rp755 juta kepada 37 Usaha Menengah Kecil Mikro mitra binaan perusahaan di Kabupaten Siak.

"Bantuan ini diambil dari penyisihan keuntungan perusahaan dalam setahun ini," kata Kepala Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PTPN V Jabir di Siak, Selasa.

Menurut dia UMKM yang menerima bantuan dana modal ini adalah mitra binaan perusahaan yang selama ini berada di wilayah kerjanya di Kabupaten Siak.

Selain sebagai bentuk kepedulian, kata dia, bantuan ini juga guna mewujudkan amanat undang-undang dengan Peraturan Menteri BUMN No.Per-08/MBU/2013, dimana program kemitraan bersumber dari anggaran perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2 persen dari laba bersih tahun sebelumnya.

Menurut dia, dari total pengajuan bantuan yang masuk ke pihaknya tahun ini sebesar Rp2,6 miliar, yang bisa di setujui hanya sebesar Rp 755 juta.

"Bantuan pinjaman yang disalurkan kali ini sebesar Rp755 juta untuk 37 orang UMKM," kata dia.

Diakuinya, permintaan modal bergulir yang masuk ke PTPN V tahun ini cukup meningkat yakni dari 45 UMKM. Namun tidak semua bisa di akomodir karena pihaknya memiliki persyaratan yang harus terpenuhi, tujuannya agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha dan bergulir digunakan bagi yang masih membutuhkan.

"Kita semakin selektifkan persyaratan untuk mendapat pinjaman", terangnya.

Dimana kata dia, PTPN V menetapkan persayaratan permohonan dana kemitraan bertujuan meminimalisir potensi macet yang hanya akan mempersulit bergulirnya dana ini kepada UMKM lain.

Apalagi kata dia, masih banyak UMKM yang membutuhkan bantuan modal untuk pengembangan usaha.

"Kita lihat lama usahanya, minimal satu tahun dan memiliki potensi/prospek untuk dikembangkan. Kita juga lihat bidang usahanya apa, kemudian ketersediaan izin, pembukuan, kinerja, dan agunan yang ada", sebut Jabir.

Jabir menambahkan, selama PTPN V beroperasi jumlah pinjaman program kemitraan yang telah disalurkan di Propinsi Riau mencapai Rp68 miliar dengan UMKM yang sudah menerima bantuan ada 3.610 usaha.

"501 diantaranya untuk Kabupaten Siak ,dengan dana Rp.12.499.500.000," kata dia.

Pada acara penyerahan bantuan, hadir Kabid UMKM Dinas Koperasi dan IKM Kab. Siak Sarpawi dan perwakilan PT Asuransi Jasa Raharja Pekanbaru.