Polresta Pekanbaru: Operasi Zebra Hingga 9 Desember

id polresta pekanbaru operasi zebra hingga 9 desember

 Polresta Pekanbaru: Operasi Zebra Hingga 9 Desember

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, Riau, menggelar Operasi Zebra 2014 mulai Rabu ini selama 14 hari hingga 9 Desember.

"Operasi Zebra kami laksanakan selama 14 hari sampai 9 Desember. Target kami adalah pengendara sepeda motor dan mobil yang belum mematuhi aturan lalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan Operasi Zebra akan diperkuat 60 personel inti Satlantas Polresta Pekanbaru dan 65 personel imbangan dari seluruh kepolisian sektor (polsek) di Kota Pekanbaru.

Operasi Zebra 2014, katanya, akan dibagi atas tiga ring, dimana Ring I terdiri atas Jalan Jenderal Soedirman, Jalan Diponegoro dan Jalan Gadjah Mada.

Sedangkan Ring II meliputi Jalan Ahmad Yani, Jalan Arifin Achmad, Jalan Setiabudi dan Jalan Sutomo. Selanjutnya, untuk Ring III adalah Jalan HR Soebrantas, Jalan Arengka I, Jalan Arengka II, Jalan Imam Munandar dan Jalan Air Hitam.

Zulanda menuturkan jalan-jalan tersebut menjadi target Operasi Zebra 2014 karena tingkat kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi pada jalan-jalan tersebut.

"Jalan yang tadi disebutkan merupakan jalan yang padat dengan pengendara dan sebagian besar dari pengendara tidak mematuhi aturan, hingga akibatnya adalah tingkat kecelakaan yang cukup tinggi," kata Zulanda.

Ia juga mengatakan pelaksanaan Operasi Zebra 2014 akan dilakukan secara acak, dan tidak tertutup kemungkinan juga akan dilakukan pada malam hari.

Sistem yang akan digunakan, lanjutnya, adalah penindakan dan kejar tangkap, yang berarti jika ada pengendara lalu lintas yang tidak mematuhi aturan maka polisi akan mengejar pengendara tersebut.

"Ini semua demi kebaikan pengendara, dan kami akan proses sesuai aturan untuk memberikan efek jera kepada mereka," katanya.

Kompol Zulanda mengatakan 80 persen korban kecelakaan adalah pengendara sepeda motor sehingga dalam Operasi Zebra 2014, pihaknya menetapkan targetnya adalah pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, tidak menyalakan lampu siang hari dan pengendara motor yang melawan arus. (KR-AZK)