Presiden Tiba Dengan Selamat Di Pekanbaru

id presiden tiba, dengan selamat, di pekanbaru

Presiden Tiba Dengan Selamat Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Presiden Joko Widodo tiba di Kota Pekanbaru untuk melakukan kunjungan kerja atau yang populer dengan sebutan "blusukan", di Provinsi Riau, Rabu.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu tiba menggunakan pesawat Kepresidenan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru sekitar pukul 13.11 WIB, terlambat sekitar satu jam dari jadwal semula.

Sebelumnya, ke ibu kota Riau, Presiden "blusukan" di sejumlah daerah Sumatera.

Di Pekanbaru, Presiden dan rombogan disambut oleh sejumlah kepala daerah di gedung VIP Lancang Kuning Bandara SSK II, di antaranya Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan Bupati Pelalawan HM Harris.

Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang sudah berada di Pekanbaru sejak Selasa (25/11).

Fokus utama "blusukan" Presiden Jokowi di Riau adalah untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan yang kerap menimbulkan bencana asap.

Bencana kabut asap kebakaran hutan dan lahan sudah 17 tahun rutin terjadi dan cenderung makin parah di Riau sehingga menimbulkan "ketegangan" dengan negara tetangga karena polusi asap mencapai Singapura dan Malaysia.

TNI telah menyiapkan tiga helikopter agar Presiden dapat dengan cepat meninjau beberapa daerah rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Tiga helikopter yang disiapkan adalah dua helikopter Bell dan satu Super Puma," kata Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto. Menurut dia, tiga helikopter untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dimobilisasi dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pengamanan kunjungan Presiden Jokowi akan melibatkan 3.900 personel gabungan TNI dan Polri. "Personel gabungan TNI dan Polri mencapai 3.900 orang itu untuk seluruh Riau, karena di luar Kota Pekanbaru kita juga menggelar operasi imbangan," ujarnya.

Presiden Jokowi setelah tiba di Pekanbaru akan langsung terbang menggunakan helikopter meninjau sejumlah daerah lokasi rawan kebakaran lahan dan hutan serta dijadwalkan singgah sebentar bertemu masyarakat di daerah Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk pengamanan di daerah tersebut, lanjutnya, dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI-Polri sudah diberangkatkan lebih dulu.

Rute terbang Presiden Jokowi direncanakan akan melihat Taman Nasional Tesso Nilo, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dan beristirahat di Kepulauan Meranti. Sedangkan, rute pulangnya akan melintasi Pulau Padang dan Danau Zamrud.

Setelah "blusukan" ke daerah rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, rombongan Presiden Jokowi dijadwalkan menjumpai masyarakat di Pasar Bawah, yaitu pasar wisata di Kota Pekanbaru.