Pebisnis Kehutanan Ikut Sambut Presiden Jokowi

id pebisnis kehutanan, ikut sambut, presiden jokowi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sejumlah pelaku usaha industri kehutanan berkumpul di Kota Pekanbaru menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo, Rabu.

Berdasarkan pantauan Antara di gedung VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, petinggi manajemen dari Royal Golden Eagle/APRIL Grup dan APP/Sinar Mas Grup terlihat ikut menunggu bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta kepala daerah seperti Pelaksana Tugas Gubernur Riau arsyadjuliandi Rachman.

Baik APRIL dan Sinar Mas, merupakan perusahaan raksasa di industri kehutanan nasional yang memiliki pabrik bubur kertas serta hutan tanaman industri di Riau. Dua grup besar itu juga kerap dituding sebagai penyebab kerusakan hutan oleh LSM lingkungan seperti Greenpeace.

Kehadiran para pengusaha yang paling mencolok adalah dengan hadirnya dua anak kandung Sukanto Tanoto, yakni Anderson Tanoto dan Imelda Tanoto. Sukanto Tanoto merupakan taipan pemilik RoyaL Golden Eagle.

Anderson Tanoto terlihat mencolok di tengah kerumunan karena mengenakan kemeja warna merah menyala, sedangkan Imelda mengenakan kemeja warna putih.

Fokus utama "blusukan" Presiden Jokowi di Riau adalah untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan yang kerap menimbulkan bencana asap. Seperti diketahui, masalah tersebut sudah 17 tahun terakhir makin parah di Riau hingga menimbulkan "ketegangan" dengan negara tetangga karena polusi asap mencapai Singapura dan Malaysia.

TNI telah menyiapkan tiga helikopter agar Presiden dapat dengan cepat meninjau beberapa daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. "Tiga helikopter yang disiapkan adalah dua helikopter Bell dan satu Super Puma," kata Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto. Menurut dia, tiga helikopter untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dimobilisasi dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pengamanan kunjungan Presiden Jokowi akan melibatkan 3.900 personel gabungan TNI dan Polri. "Personel gabungan TNI dan Polri mencapai 3.900 orang itu untuk seluruh Riau, karena di luar Kota Pekanbaru kita juga menggelar operasi imbangan," ujarnya.

Presiden Jokowi setelah tiba di Pekanbaru akan langsung terbang menggunakan helikopter meninjau sejumlah daerah lokasi rawan kebakaran lahan dan hutan serta dijadwalkan singgah sebentar bertemu masyarakat di daerah Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk pengamanan di daerah tersebut, lanjutnya, dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI-Polri sudah diberangkatkan lebih dulu.

Rute terbang Presiden Jokowi direncanakan akan melihat Taman Nasional Tesso Nilo, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dan beristirahat di Kepulauan Meranti. Sedangkan, rute pulangnya akan melintasi Pulau Padang dan Danau Zamrud.

Setelah "blusukan" ke daerah rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, rombongan Presiden Jokowi dijadwalkan menjumpai masyarakat di Pasar Bawah, yaitu pasar wisata di Kota Pekanbaru.