Realisasi APBD Pekanbaru 68,76 Persen

id realisasi apbd, pekanbaru 6876 persen

Realisasi APBD Pekanbaru 68,76 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Realisasi pembangunan baik fisik maupun non fisik Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2014 hingga 1 Oktober lalu baru mencapai 68,76 persen.

"Setelah di-input (data) pencapaian pembangunan fisik APBD 2014 belum sesuai target," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, usai memimpin rapat pembangunan di Pekanbaru, Rabu.

Kata dia, semua laporan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ikut dalam rapat, belum ada yang mencapai target pelaksanaan. Karena masih banyak yang sedang dalam proses pengerjaan.

Menurut dia, target capaian yang ditetapkan Pemkot Pekanbaru bagi SKPD sebesar 75 persen untuk laporan tanggal 1 Oktober tidak terpenuhi. Ini dikarenakan beberapa hal yang dikeluhkan oleh masing-masing bidang seperti iklim, dan lelang ulang, sehingga target tidak sesuai.

Dari realisasi tersebut, terbanyak baru kegiatan non fisik seperti belanja dan pengadaan barang dan jasa. Sementara untuk pengerjaan fisik seperti pembangunan jalan, drainase, semenisasi, sekolah dan sebagainya masih banyak yang sedang dalam pengerjaan.

"Memang masih ada SKPD yang mengeluhkan keterlambatan, tetapi sudah dalam proses," kata Ayat Cahyadi.

Untuk mengatasi hal itu, kata dia, pihaknya sudah minta kepada semua SKPD untuk menggesa penyelesaian proyek fisik yang belum tuntas. Jika perlu dilakukan penambahan jam kerja hingga malam hari agar semua tercapai.

"Kita minta segera digesa agar tuntas menjelang akhir tahun," kata Ayat Cahyadi.

Dia juga mengingatkan bahwa sebelum batas akhir pelaporan anggaran untuk akhir tahun tanggal 24 Desember, setiap SKPD diminta membuat laporan tepat waktu agar tidak mengganggu proses penutupan buku.

Berbicara keoptimisan pencapaian sisa waktu, dia yakin semua proyek fisik akan tuntas sesuai jadwal. Karena pihaknya sudah memerintahkan semua SKPD agar bekerja siang malam untuk menyelesaikan proyek.

"Ketika saya tanya, semua mengaku mampu menuntaskan menjelang akhir tahun," katanya.

Sebelumnya diberitakan, APBD Pekanbaru tahun 2014 nilainya Rp2.799.200.000.000 dibanding tahun 2013 lalu, terjadi peningkatan belanja daerah sebesar Rp242.144.000.000,- dan peningkatan pendapatan daerah sebesar Rp288.019.000.000. (KR-NTY)