KPU Inhu Terbaik Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2014

id kpu inhu, terbaik dalam, penyelenggaraan pemilu 2014

KPU Inhu Terbaik Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2014

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tim penilai menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu menjadi yang terbaik di Provinsi Riau dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pileg pada 2014.

"KPU Inhu menjadi terbaik setelah dilakukan pengujian terhadap tiga daerah sisa dari seleksi 12 kabupaten dan kota di Riau," kata ketua tim penilai KPU dari Provinsi Riau, Zulkifli di Pekanbaru, Rabu.

Penilaian tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat KPU RI yang meminta untuk memilih penyelenggara Pemilu terbaik di daerah. Bagi yang menjadi terbaik akan diberi penghargaan lansung oleh KPU RI.

Dia menjelaskan, penilaian sudah berlansung dari awal November 2014 oleh tim yang terdiri atas tujuh orang dari latar belakang berbeda.

Penilaian meliputi enam kategori, diantaranya adalah bagaimana partisipasi pemilih, daftar pemilih tetap, penyelenggaraan berintegritas, transparansi dalam pemilu, akses pemilu dan kreatifitas penyelenggara.

"Masing kategori ini juga ada enam sampai sembilan indikator penilaian," ujarnya lagi.

Untuk mencari yang terbaik dari tiga KPU tersisa ini, juga diuji lagi mulai dari penilaian berkas laporan, observasi tidak lansung, hungga diminta untuk persentasi.

Dari sana, katanya, Kabupaten Inhu berhasil menjadi peringkat I, Kuansing ke II dan disusul Meranti untuk posisi ke III.

Lebih lanjut dikatakan, keberhasilan KPU Inhu menjadi penyelenggara Pemilu terbaik di Riau, karena kelebihannya dari sisi kreatifitas sosialisasi.

Di inhu, imbuhnya lagi, keunggulan kreatifitas KPU disana dinilai cukup hebat karena telah mampu membuat taman kampanye.

Hal tersebut, menurut tim penilai, menjadi kreatifitas bagus dan tidak hanya memakai sistem yang biasa dan hanya "mengekor" kepada tata cara kampanye pada umumnya.

Disisi lain, KPU disana juga dinilai berhasil dalam melakukan pendekatan persuasif dan sosiologis terhadap suku Talang Mamak. Dengan upaya pendekatan yang dilakukan itu, sehingga masyarakat disana ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu.

"Pelaksanaan Pemilu disana cukup bersih dan tungkus rumusnya juga bagus," papar Zulkifli.

Sementara itu, di Kabupaten Kepulauan Meranti kelebihannya dari sisi distribusi logistik. Mereka mampu melaksanakan tugas dengan baik walaupun banyak kendala dihadapi, termasuk sisi waktu yang sedikit dan kondisi geografisnya cukup sulit dibandingkan daerah lain.

Sedangkan di Kabupaten Kuansing, kelebihannya tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi. Ini juga didukung karena ditenggarai "putra mahkota" atau ada family yang menjadi calon legislatif.

"Ada lebih 70 persen tingkat pemilih disana," katanya.