Polres Inhu Gelar Operasi Zebra

id , polres inhu, gelar operasi zebra

  Polres Inhu Gelar Operasi Zebra

Rengat, (Antarariau.com) - Jajaran Polisi Resort Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menggelar Operasi Zebra di daerah yang diawali dengan apel gelar pasukan Operasi Zebra tahun 2014.

Apel gelar pasukan dikuit seluruh anggota Polres dan Sekda Inhu Raja Erisman, Dandim 0302 Inhu, A Panjaitan, Kajari Rengat, Teuku Rachman, Dishub Inhu, Jasa Raharja, Senkom, Satpol PP dan pasuskan gabungan Polres bertempat di Halaman Mapolres setempat, Rabu.

Kapolres Indragiri Hulu AKBP Ari Wibowo mengatakan, kegiatan yang akan dilakukan itu merupakan operasi rutin yang dilakukan Polres guna menertibkan pengguna jalan raya sebagai mana yang diatur dalam Undang-undang berlalu lintas.

"Saya berharap semua pihak bisa saling kerja sama termasuk masyarakat selama pelaksanaan operasi ini, sehingga ketertiban berlalu lintas dan rasa aman di jalan raya bisa tercipta dengan optimal," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Ari Wibowo.

Ia juga menjelaskan operasi ini akan dilakukan di seluruh wilayah Inhu dengan sasaran utama adalah pengendara kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm dan melawan arus.

Operasi Zebra juga untuk menertibkan dan menerapkan aturan berlalu lintas yang bertujuan untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), menekan angka kecelakaan dalam berkendaraan.

Kasat Lantas Polres Ari Setiawan menambahkan bahwa hingga November 2014 ini, angka kecelakaan di Kabupaten Inhu menurun dibanding dengan tahun 2013, yakni dari 130 kejadian menurun menjadi 120 kasus.

"Pada 2013 terjadi 130 kecelakaan dengan korban meninggal dunia, 53, luka berat 89 dan luka ringan 114. Dengan kerugian materil sebesar Rp1,432 miliar, sedangkan hingga November 2014 terdapat 120 kecelakaan dengan korban meninggal dunia 49, luka berat 63, luka ringan 130, kerugian materil sebesar Rp672 juta," katanya.