Pemkab Berperan Penting Dalam Pencegahan Narkotika

id , pemkab berperan, penting dalam, pencegahan narkotika

  Pemkab Berperan Penting Dalam Pencegahan Narkotika

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, memiliki peranan penting dalam mencegah dan merehabilitasi pengguna narkoba agar tidak terlibat dalam konsumsi barang haram tersebut.

"Kami berharap daerah ini akan menjadi bebas dari pengAruh dan pengguna narkoba, pencegahan lebih penting dilaksanakan," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kuantan Singingi Wim Jefrizal di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, setiap orang sebelum terperangkap ke dalam pengaruh narkoba, sedini mungkin diberikan pemahaman terkait dampak negatifnya. jika sudah terindikasi narkoba, penggunanya dapat di obati dan direhabilitasi.

Pencegahan dan rehabilitasi pengguna narkoba diperlukan kerja keras semua pihak, selain pentingnya sinergi antara BNNK Kuansing dengan pemerintah daerah sehingga program berjalan dengan optimal.

"Pihak BNNK memiliki kesulitan dalam hal keUangan untuk berbagai program pencegahan, karenanya ini untuk kebaikan bersama sangat diharapkan peran serta pemerintah setempat didukung oleh lebaga sosial lainnya," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan program pencegahan dan rehabilitasi para pengguna narkoba BNNK Kuansing masih kekurangan SDM dan perlu didukung ketersediaan SDM sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika.

Pencegahan tersebut akan berhasil jika seluruh instansi terkait ikut berperan aktif seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan dan Dinas Pendidikan memiliki peranan sangat penting.

"BNNK selama ini telah menjalin aksi nyata dalam mewujudkan Kuansing bebas narkoba dan BNNK hanya sebagai penguatan kelembagaan dan penguatan infrastruktur," katanya.

Karena itulah, pihaknya akan melaksanakan kegiatan Advokasi P4GN bagi seluruh instansi Pemkab Kuansing yang dilaksanakan di Balai Adat Teluk Kuantan pada Kamis (27/11) dengan harapan berhasil membantu terwujudnya Kuansing bebas narkotika.