Disdukcapil Rohul Tunda Cetak E-KTP

id disdukcapil rohul, tunda cetak e-ktp

Disdukcapil Rohul Tunda Cetak E-KTP

Pasir Pengaraian, (Antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah menerima 3.000 blanko fisik e-KTP, namun hingga hari ini proses cetak tersebut masih ditunda.

"Tiga ribu blanko fisik e-KTP telah kami terima namun belum bisa dicetak,¿ kata Kepala Disdukcapil Rohul Yusmar Yusuf, di Pasir Pengaraian, Kamis.

Menurut dia penundaan ini disebabkan karena belum adanya intruksi dari Menteri dalam negeri (Mendagri) Republik Indonsia, Tjahjo Kumolo.

Dia mengungkapkan bahwa intruksi dari Mendagri keluar saat pertemuan seluruh Kepala Disdukcapil di Kota Yogyakarta pada 16-18 November 2014 lalu.

"Karena masih ada sistem yang akan diperbaiki, dan disiapkan menjelang 1 Januari 2015 akan datang," jelasnya.

Dia mengatakan sesuai intruksi dari Mendagri, proses cetak keping e-KtP akan dilakukan serentak diseluruh Indonesia mulai 1 Januari 2015.

Terkait dengan adanya wacana mengenai penghapusan kolom agama pada e-KTP, dia mengakui bahwa hal tersebut tidak ada kaitannya dengan penundaan cetak e-KTP saat ini.

"Kalau soal itu urusan pemerintah pusat kami hanya menunggu intruksi," ujarnya

Disamping itu dia menerangkan jika ujicoba cetak keping e-KTP di Kantor Disdukcapil Rohul berhasil dilakukan dan menurut dia, untuk mencetak 1 keping e-KTP memakan waktu sekitar 95 detik.

Meski petugas telah siap, kata mantan Kabag Humas Setdakab Rohul, Disdukcapil Rohul masih akan menunggu intruksi dari Mendagri untuk proses cetak keping e-KTP.

"Kita tidak tahu apakah nantinya akan dipercepat, atau dilakukan serentak mulai 1 Januari tahun depan," ucapnya.