Politikriau.com Gelar Seminar Anti Korupsi

id politikriaucom gelar, seminar anti korupsi

Politikriau.com Gelar Seminar Anti Korupsi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebuah media online politikriau.com akan menggelar seminar dalam rangka memperingati hari anti korupsi se-dunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember karena provinsi itu terkenal penjabatnya sebagai pelaku koruptor yang merugikan uang negara.

"Sasaran kita untuk peserta pada seminar nanti adalah pelajar dan pengajar Sekolah Menegah Atas (SMA) serta beberapa perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Kota Pekanbaru," ucap Ketua Panitia Pelaksana Seminar Anti Korpsi Pekanbaru, Yopi Pranoto di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, seminar sehari yang digelar pada sebuah hotel berbintang yang terletak dikawasan Jalan Sudirman, Pekanbaru tersebut akan digelar pada Selasa (2/12), dan mengangkat tema Menciptakan Generasi Muda Berintegritas dan Anti Korupsi.

Adapun pembicaranya menghadirkan perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kemudian lembaga swadaya masyarakat Indonesia Corruption Watch (ICW) dan perwakilan dari media masa yakni majalah Tempo.

"Seminar ini diadakan sebuah media online di Pekanbaru yakni politikriau.com dengan mengundang sekitar 100 orang pelajar SMA unggulan dan melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari empat universitas terkemuka di daerah ini," katanya, menyebutkan.

Mantan Presiden BEM Universitas Riau menambahkan, generasi muda bangsa ini terutama para pelajar provinsi itu di masa mendatang tidak terjebak prilaku koruptif yang cenderung boros, sehingga pencegahan harus dimulai sejak dini dengan memberikan pemahaman dan menanamkan nilai moral anti korupsi.

"Sudah saatnya pemerintah memasukkan kurikulum anti korupsi di sekolah-sekolah. Sebagai antisipasi sikap korupsi, maka pencegahannya perlu ditanamkan sejak dini terutama kalangan pelajar. Gaung anti korupsi tidak menimbulkan kesan lips service," ujarnya, menjelaskan.

Didi Kurnia, penanggung jawab seminar itu menambahkan materi pencegahan korupsi di Riau menjadi penting karena terkait 3 gubernur Riau secara berturut-turut tersandung kasus korupsi di KPK seperti yang terakhir dan masih dalam proses Annas Maamun.

"Ada dua langkah membasmi korupsi yaitu pencegahan dan pemberantasan. Seminar ini sebagai langkah pencegahan korupsi sejak usia dini, terutama generasi muda agar mereka memiliki pengetahuan dan menyadari akibat bahaya korupsi," ucapnya, menegaskan.