Ini Kiat Sukses Atasi Stres!

id ini kiat, sukses atasi stres

Ini Kiat Sukses Atasi Stres!

Jakarta, (Antarariau.com) - Stres bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Seringkali, seseorang yang mengalami stres cenderung menyalahkan orang lain dan situasi sekitar hingga lupa untuk menengok ke dalam diri sendiri terlebih dahulu.

Namun, stres yang Anda alami merupakan hal yang sangat wajar jika masih berada di dalam batas normal. Indikasinya, stres masih bisa Anda tangani dengan kontrol emosi dan memetakan masalah untuk mencari solusi. Agar tak terus-menerus dihinggapi tekanan batin, ini tips dari Psikolog Syarifah Nur Azza, M.Psi agar stres tak menggerogoti aktivitas sehari-hari Anda:

1. Kenali diri sendiri

Sampai sejauh mana seseorang mampu menghadapi stres yang dialami, jawabannya ada pada diri sendiri. Luangkan waktu sejenak untuk berkenalan dengan pribadi Anda, untuk memahami daya tahan diri agar tak rentan stres.

2. Kenali masalah sebelum terjadi

Seringkali, masalah yang timbul adalah isu yang sudah bisa diprediksi sebelumnya. Misalnya, jika Anda hobi mengulur waktu, maka cepat atau lambat akan ada pekerjaan atau aktivitas yang menumpuk dan menghantui. Agar tak merasa stres karena dikejar tenggat, maka Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik.

3. Kenali penyebab dan solusi stres

Jika masalah sudah terlanjur terjadi dan membuat Anda stres, maka segera cari tahu apakah stres tersebut bisa diatasi dengan mengelola akar masalahnya (problem focused) atau dengan mengelola emosi yang membuat stres (emotion focused).