Kontainer Terbesar Di Dunia Berlayar Menuju Eropa

id kontainer terbesar, di dunia, berlayar menuju eropa

Kontainer Terbesar Di Dunia Berlayar Menuju Eropa

Shanghai, (Antarariau.com) - Kapal kontainer terbesar di dunia, CSCL Globe, Senin ini melakukan pelayaran perdana ke Eropa dari Shanghai, kata pemilik China Shipping Container Lines (CSCL) seperti dikutip AFP.

Kapal raksasa berukuran panjang 400 meter dan lebar 60 meter ini berlayar dari pelabuhan kota Yangshan, kata perusahaan itu.

Kapal yang berlayar ini adalah yang pertama dari lima kapal kontainer 19.100 TEU (twenty-foot equivalent unit atau unit setara 20 kaki) yang dipesan CSCL pada 2013 dari Hyundai Heavy Industries, Korea Selatan, dan dikirimkan pada November, kata CSCL.

Ini adalah kapal kontainer terbesar dan paling canggih di dunia yang mengalahkan kapal milik Maersk Line, 18.000-TEU, dalam hal kapasitas, klaim perusahaan itu.

Perusahaan ini menyebut kapal raksasi ini sebagai "A380 dalam industri pelayaran", merujuk seri jumbo jet Airbus.

Jika tumpangannya ditumpuk, maka kontainer standard 19.000 itu bisa membawa barang setinggi lima kali lebih tinggi dari puncak Mount Everest, puncak tertinggi di dunia.

Kantor berita Xinhua menyebut kapal ini lebih efisien bahan bakar dan menghasilkan sedikit emisi dibandingkan dengan kontainer 10.000-TEU biasa, selain dapat mengangkut sekitar 200 juta komputer tablet sekali mengangkut, demikian AFP.