Jerman Segera Penjarakan Atlet Doping

id jerman segera, penjarakan atlet doping

Jerman Segera Penjarakan Atlet Doping

(Antarariau.com) - Segala cara bisa dihalalkan untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Demikian pula dengan tingkah laku para atlet yang akrobat untuk meraih kemenangan. Salah satunya dengan bantuan doping atau obat-obatan stimulan yang digunakan untuk menambah energi dan mempertahankan stamina.

Tak sedikit atlet yang tertangkap menggunakan cara haram ini. Namun, selama ini hukuman yang diberikan hanya sebatas diskualifikasi dari kompetisi hingga pelarangan untuk mengikuti lomba dalam periode waktu tertentu.

Namun, Jerman kini mengajukan cara yang dianggap ampuh agar atlet tak berlaku culas dengan menggunakan stimulan terlarang, yakni ancaman penjara bagi atlet yang terbukti menggunakan doping. Aksi tersebut akan resmi dianggap sebagai tindakan kriminal yang patut diganjar dengan hukuman penjara hingga 3 tahun lamanya.

Draf peraturan ini akan dipamerkan pada pihak berwajib pada Rabu (13/11) waktu setempat. Sekitar 7000 atlet profesional Jerman akan segera terimbas akan payung hukum baru ini. Atlet asing yang tertangkap menggunakan doping di negara kanselir itu pun berisiko dijatuhi hukuman yang sama. Bukan tak mungkin, langkah ini bisa menjadi preseden bagi negara lain seperti Indonesia untuk menerapkan hukuman yang sama agar atlet menjunjung tinggi sportivitas.