Inhil Tanam 31,6 Juta Pohon Untuk Penghijauan

id inhil, tanam 316, juta pohon, untuk penghijauan

 Inhil Tanam 31,6 Juta Pohon Untuk Penghijauan

Tembilahan, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, telah berhasil menanam sebanyak 31,6 juta bibit pohon selama setahun terakhir untuk menyukseskan program gerakan menanam pohon nasional.

"Saya harapkan gerakan menanam pohon dan keberhasilan ini terus ditingkatkan. Jangan sebatas menanam saja karena tentunya harus dijaga, dan pastikan tanaman yang sudah susah payah ditanam bisa hidup," Kata Bupati Inhil HM Wardan saat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Desa Concong Dalam, Kecamatan Concong, Kabupaten Inhil, Selasa.

Wardan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang berkomitmen nyata dalam suksesnya program itu. Ia mengajak generasi muda untuk terus menggalakkan penanaman pohon dan pelestarian hutan sebagai warisan untuk generasi yang akan datang.

"Salah satu visi pemerintah daerah adalah untuk menciptakan suasana ibu kota hingga desa agar asri dan tertata baik. Karena menjaga hutan dan menanam pohon akan melestarikan lingkungan tempat tinggal kita serta memberikan penghidupan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Bupati Wardan mengatakan pemerintah daerah berkomitmen untuk melestarikan hutan mangrove yang luasnya mencapai 100.211,23 hektare (ha).

Pemerintah setempat akan melakukan pemetaan potensi yang ada untuk menetapkan kawasan lindung dan budidaya.

"Banyak hutan mangrove kita yang sudah gundul. Jadi kalau memungkinkan 30 persen yang ada akan dijadikan kawasan lindung, nanti kita lihat dulu hasil pemetaannya," kata Wardan.

Konsep kawasan mangrove itu rencananya bakal dijadikan budidaya kepiting, kerang, dan destinasi wisata.

Selain itu, akan ada kawasan yang tidak boleh ditebang sebagai benteng alami mencegah abrasi dan intrusi air laut.

"Tentu saja akan tetap ada kawasan yang bisa digunakan oleh masyarakat, dan pemerintah akan membantu pengembangannya," kata Wardan.

Kepala Dinas Kehutanan Inhil M. Taher mengatakan ada beberapa varian tanaman asli yang hidup di hutan mangrove Inhil, diantaranya jenis kayu kumu, bakau dan nipah.

Ia mengatakan berdasarkan evaluasi Tim Dimas Kehutanan Riau, gerakan penanaman pohon di Inhil adalah yang paling sukses di 12 kabupaten/kota di Riau karena mampu melakukan penanaman 31,6 juta bibit pohon selama setahun sejak periode Februari 2013.

"Kabupaten Inhil juga telah dapat penghargaan juara pertama dalam penanaman pohon se-Provinsi Riau," katanya.

Dalam program penanaman tahun ini, lanjutnya, ada sebanyak 15 ribu pohon bantuan dari Dishut Riau dan 65 ribu batang dari Dishut Inhil yang dibagikan.

Bibit tersebut diantaranya jenis bakau, meranti, ketapang, durian, mahoni, jengkol dan mangga.