Basarnas Evakuasi 172 Penumpang Feri Malaysia Bocor

id basarnas evakuasi 172 penumpang feri malaysia bocor

 Basarnas Evakuasi 172 Penumpang Feri Malaysia Bocor

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan SAR Nasional Pekanbaru menerjunkan 15 orang menggunakan Kapal Negara (KN) 216 untuk ikut mengevakuasi 172 penumpang feri Malaysia Express yang bocor di wilayah Pulau Babi, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Seluruhnya berhasil dievakuasi termasuk anak buah kapal dan nakhoda," kata Humas Basarnas Pekanbaru Kukuh Widodo kepada Antara lewat pesan selular yang diterima di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, para penumpang dan ABK serta nakhoda kapal tersebut dievakuasi ke Pelabuhan Penumpang Pelindo Dumai dimulai sejak Kamis (18/12) sekitar pukul 18.20 WIB.

Kukuh mengatakan, evakuasi dilakukan dengan menggunakan sejumlah kapal, selain Kapal Indomal Express juga menggunakan Kapal Basarnas.

Kapal feri Malaysia Express mengalami kebocoran di bagian sablong atau sarang gardan sehingga kapten kapal membawa kapal tersebut ke tepian pulau untuk dikandaskan.

"Pengandasan kapal ke Pulau Babi, Kecamatan Rupat, untuk menghindari masuknya air ke lambung kapal sehingga berpotensi menenggelamkan kapal," katanya.

Sampai saat ini evakuasi penumpang telah selesai dilakukan, dibantu dengan aparat kepolisian dan masyarakat.

Sementara menyusul, kata dia, akan dilakukan evakuasi terhadap kapal penumpang yang bocor itu.