Tiga Sekolah Peraih Adiwiyata Nasional

id tiga sekolah peraih adiwiyata nasional

Tiga Sekolah Peraih Adiwiyata Nasional

Rengat, (Antarariau.com) - Tiga Sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menerima penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional yakni SMP Negeri 1 Rengat, SMP Negeri 1 Sungai Lala dan SMK Negeri Rengat.

"Penghargaan itu berdasarkan keputusan Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Menteri Lingkungan Hidup," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Indragiri Hulu Moch Bayu Setiya Budiono di Rengat, Sabtu.

Ia mengatakan, SK penetapan penerimaan itu Nomor 183 tahun 2014 yang isinya memutuskan bahwa ada tiga sekolah yang lolos seleksi adiwiyata nasional tahun 2014.

Sekolah berprestasi itu dinilai berhasil melestarikan dan mempertahankan pelestarian lingkungan hidup hingga terlihat asri.

" Penghargaan itu akan diserahkan pada sekolah yang dijadwalkan pada 22 Desember 2014 mendatang di Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan," sebutnya.

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan andil dan peran serta yang begitu besar dari Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto terhadap dunia pendidikan selama ini hingga sejumlah prestasi bisa diraih sekolah.

" Kami berikan apresiasi tinggi kepada semua pihak atas keberhasilan itu," ujarnya.

Sejak tahun tahun 2012 lalu sekolah di Kabupaten Inhu telah berhasil meraih adiwiyata nasional yakni diraih oleh SMP Negeri 1 Seberida, kemudian pada tahun 2013 sekolah di daerah juga meraih prestasi yang sama yakni SMK Negeri 1 Pasir Penyu dan sebagai sebagai sekolah adiwiyata tinggak Provinsi Riau.

" Hingga saat ini sudah lima sekolah di daerah ini ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata nasional," sebutnya.

Ketua Dewan Pendidikan Indragiri Hulu HM Arpan Saleh melalui sekretarisnya mengatakan, prestasi demi prestasi sekolah yang diraih oleh Indragiri Hulu merupakan bukti kesuksesan dan peningkatan kinerja semua pihak.

" Prestasi itu hendaknya tidak hanya dijadikan ajang promosi sekolah tetapi dapat memberikan motivasi kepada semua pihak agar benar- benar memajukan pendidikan di Indragiri Hulu kedepan," harapnya.

Menurut Asri, sebagai kabupten yang termasuk tua di Riau, sudah selayaknya menjadikan dareah ini lebih unggul dalam banyak hal, dengan APBD II yang tinggi hingga mencapai Rp2 triliun pada tahun 2015, dapat di kucurkan anggaran lebih hingga 35 persen untuk pendidikan dengan harapan banyak siswa dan sekolah lebih berprestasi.