Irwansda Polda Riau Soroti Kaburnya Tahanan

id irwansda polda, riau soroti, kaburnya tahanan

Irwansda Polda Riau Soroti Kaburnya Tahanan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Riau Kombes Pol Achmad Nurda Alamsyah menyoroti kaburnya tahanan di Polsek Sukajadi, Kota Pekanbaru, dan meminta agar segera dilakukan investigasi internal.

"Petugas piket harus segera diperiksa, itu sudah kami perintahkan Kapolresta Pekanbaru untuk memanggil anggota yang jaga saat itu. Apakah ini kelalaian, atau ada keterlibatan petugas di sana," katanya kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu.

Seorang tahanan kasus pencurian kendaraan bermotor Amri (34), kabur dari tahanan Polsek Sukajadi, Jumat (19/12) dini hari. Tahanan itu kabur dengan membobol dinding toilet di dalam sel tahanan.

Ia menilai ada unsur kelemahan dalam pengawasan dari petugas menyebabkan kaburnya tahanan tersebut. "Ada kelemahan dalam pengawasan, petugas jaga harus mengawasi orang dan ruangan. Mungkin Protap ini yang tidak dijalankan maksimal," katanya.

Meski bagian tahanan kantor Polsek Sukajadi sudah dilengkapi kamera pengawas (CCTV), namun ia mengatakan petugas jaga harus tetap memaksimalkan penjagaan dengan patroli secara langsung. "Setiap waktu harus dicek ke dalam, apa aktivitas mereka," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolsek Sukajadi Kompol JS Manurung mengatakan tahanan yang kabur itu seharusnya sudah dalam proses P2 (pelimpahan tahap dua) ke Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Menurut Kapolsek, dirinya kaget mendengar kabar kaburnya tahanan tersebut, karena saat itu hingga jam 24.00 WIB ia mengaku masih berada di Mapolsek untuk urusan pekerjaan.

Kapolsek menduga tersangka telah merencakan pelarian ini sejak lama karena dinding toilet tersebut memang sengaja dikikis menggunakan sendok yang tersimpan di dalam toilet.

Saat tersangka kabur, lanjutnya, salah seorang tahanan yang terbangun berteriak kepada petugas yang piket, namun karena hujan lebat diduga polisi piket tidak menyadarinya. Tersangka baru diketahui kabur saat salah seorang polisi melakukan pengecekan rutin adminsitrasi sekitar jam 03.00 WIB.

Sementara itu, Kapolres Pekanbaru Kombes Robert Haryanto Watratan mengatakan bahwa Mapolsek Sukajadi memang bukan didesain untuk Kantor Polisi. Gedung tersebut adalah bekas rumah biasa yang kemudian digunakan untuk Mapolsek.

Menurut dia, gedung tersebut sudah tidak representatif dan harus diganti, sehingga ditargetkan pada 2015 Mapolsek Sukajadi akan dipindahkan ke gedung baru yang lebih baik.

"Tahun depan kita usahakan Mapolsek Sukajadi pindah dengan gedung atau bangunan yang lebih baik, karena yang ada saat ini memang bukan didesain untuk kantor Polisi," kata Kombes Robert.