Pejabat Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Nasional

id pejabat pekanbaru, terima penghargaan, satya lencana nasional

Pejabat Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Nasional

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil mendapatkan penghargaan Anugrah Satya Lencana dari Presiden RI, karena kepeduliannya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

"Inovasi dan inovatif yang dilakukan beliau dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat selama ini dinilai baik," kata Kadis Sosial Kota Pekanbaru, Mutia Hafiz, di Jambi, Minggu.

Dia menjelaskan, penghargaan dari pemerintah pusat ini sudah melalui beberapa kali proses penilaian yang di selenggarakan Kementerian Sosial. Wali kota dinilai sebagai tokoh yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Ini terbukti dengan keberpihakannya terhadap penganggaran program yang menyangkut perbaikan ekonomi dan kehidupan warga miskin.

Dia mencontohkan keberhasilan wali kota dalam program pembangunan rumah layak huni sebanyak 250 unit tiap tahunnya menjadi nilai plus.

"Ini sudah berjalan dua tahun anggaran, sudah ada 500 unit rumah layak huni di bangun melalui anggaran Pemko di Pekanbaru," terang dia.

Selain itu program lainnya yang juga terbilang sukses, Wali kota Pekanbaru telah menganggarkan dana sebesar Rp50 juta bagi pemberdayaan masyarakat berbasis rukun warga dengan menjadikan salah satu kecamatan sebagai percontohan yakni Kecamatan Tenayan Raya.

"Karena berhasil ditargetkan tahun 2015 nantinya seluruh RW di Pekanbaru akan mendapat anggaran Rp50 juta per tahun," paparnya.

Masih menurut dia, program lainnya yang juga bagus, yakni penyaluran bantuan Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) yang di salurkan bagi tiap kelurahan. Pekanbaru menganggarkan senilai Rp500 juta di tahun 2014,

"Secara bertahap dan bergulir seluruh kelurahan yang ada 58 akan mendapatkan," kata dia.

Dana ini kata dia semacam bantuan modal yang di berikan kelurahan secara bergulir kepada masyarakat yang kurang mampu dan memiliki usaha.

"Terobosan tersebut membuat pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada Wali kota Pekanbaru," katanya.

Wali kota Pekanbaru Firdaus, usai menerima penghargaan itu menyampaikan terima kasih yang teramat dalam kepada Presiden RI Joko Widodo, begitu juga kepada satker terkait yang dengan sepenuh hati melaksanakan program pembangunan berbasis masyarakat.

"Penghargaan ini bukan tujuan kita, tetapi bagaimana perekonomian masyarakat bisa ditingkatkan, dan mereka yang membutuhkan bantuan usaha bisa merasakan manfaatnya dari dana yang telah kita anggarkan, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin membaik," harap dia.

Pemberian penghargaan bersampena Hari Kesetiakawanan Nasional 2014 yang dipusatkan di Kota Jambi, Sabtu (20/12), dilakukan oleh Menko Bidang Kemaritiman Indaryono Susilo disaksikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah. (KR-NTY)