Polda Riau Kerahkan 1.257 Personel Operasi Lilin

id polda riau, kerahkan 1257, personel operasi lilin

Polda Riau Kerahkan 1.257 Personel Operasi Lilin

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Provinsi Riau mengerahkan sebanyak 1.257 personel dalam Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru yang akan dimulai pada 23 Desember 2014.

"Operasi Lilin ini akan terus dilaksanakan hingga usai tahun baru," kata Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan kepada Antara di Pekanbaru, Senin siang.

Dia mengatakan, jumlah pasukan sebanyak itu merupakan 3/4 dari total personel yang ada di Polda Riau dan jajaran pada seluruh Resor di tiap kabupaten/kota.

Ribuan personel tersebut kata dia akan disebarkan dibeberapa Pos Pengamanan yang akan disediakan selama Operasi Lilin.

Kapolda menjelaskan, bahwa Operasi Lilin adalah Operasi Kemanusiaan dan melibatkan seluruh instansi tidak hanya Polri, namun juga instansi pemerintah daerah.

"Intinya Operasi Lilin akan dilaksanakan secara persuasif, dengan target operasi seperti orang, tempat, giat dan situasi sehingga kegiatan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan lancar, aman dan kondusif," katanya.

Brigjen Dolly mengatakan, seluruh personil baik dari Polda, Polres dan Polsek se Riau sebelumnya juga sudah menggelar latihan yang bertujuan agar operasi yang dilaksankaan benar-benar terarah dan optimal dilaksanakan.

Bentuk latihannya, kata dia, termasuk upaya antisipasi terkait lokasi, titik vital, tempat ibadah, sarana umum, pusat keramaian, jalur lintas dan lain sebagainya hingga pengaturan lalu lintas yang rawan kemacetan.

"Untuk Operasi Lilin berkaitan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru ini, juga ada melibatkan TNI, selain juga instansi pemerintah daerah. Menurut informasinya, akan ada satu pleton pasukan TNI yang akan dilibatkan khususnya di setiap Komando Distrik Militer," katanya.

Sebelumnya dilaksanakan Operasi Lilin, Polda Riau bersama jajaran juga telah menggelar Operasi Lalu Lintas yang bertujuan untuk menertibkan para pengendara dalam berlalu lintas.

Pada operasi tersebut, Polda Riau bersama jajaran juga telah melakukan tindakan langsung (tilang) terhadap ribuan pengendara yang didominasi pengendara sepeda motor.

Tercatat juga ada belasan korban meninggal dunia dan puluhan luka-luka akibat peristiwa kecelakaan lalu lintas.