Syahbandar Pekanbaru Evakuasi Kapal Tenggelam

id syahbandar pekanbaru, evakuasi kapal tenggelam

Syahbandar Pekanbaru Evakuasi Kapal Tenggelam

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Syahbandar Pekanbaru, Riau, berhasil mengevakuasi kapal pengangkut sembako dan sejumlah suku cadang kendaraan yang tenggelam di wilayah perairan Pelabuhan Rakyat Mawar, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Sabtu (20/12).

"Kapal ini tenggelam dua hari lalu karena kehilangan keseimbangan," kata Kepala Kesyahbandaran Pekanbaru, Ridwan Chaniago kepada pers di Pekanbaru, Senin.

Kapal berbendera Indonesia dengan nama lambung Mahdani 3 ini kata dia berhasil dievakuasi dari dasar Sungai Siak dengan cara mengikatkan sejumlah drum kosong ke lambung kapal.

"Sebelumnya kapal ini tenggelam juga diduga akibat kelebihan kapasitas karena kapal juga mengangkut puluhan sepeda motor. Namun faktanya tidak seperti itu, kapal tenggelam karena kehilangan keseimbangan," kata dia.

Ketika peristiwa itu, lanjut dia, kondisi air di Sungai Siak sedang surut sehingga terjadi oleng yang menyebabkan kapal akhirnya tenggelam.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, indikasinya pemilik dan nakhoda kapal lalai makanya terjadi peristiwa ini," kata dia.

Ridwan mengimbau para pemilik kapal baik perorangan maupun berbentuk perusahaan agar senantiasai mengawasi kondisi kapal saat hendak diberangkatkan dnegan muatan yang padat.

Sama seperti armada angkutan darat dan udara, demikian Ridwan, tentu harus ada pengecekan kondisi mesin sebelum akhirnya dioperasikan.

"Dengan pengecekan kondisi mesin dan lambung kapal secara berkala dan rutin, setidaknya peristiwa seperti ini tidak terulang," katanya.