Lima Hercules Penjembut TKI Singgah Di Pekanbaru

id lima hercules, penjembut tki, singgah di pekanbaru

Lima Hercules Penjembut TKI Singgah Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak lima pesawat Hercules TNI AU telah tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Senin, sebelum berangkat ke Malaysia untuk menjemput pulang Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Kita akan maksimalkan kapasitas pesawat yang ada. Untuk pesawat (Hercules) panjang bisa mengangkut 128 orang, yang pendek 92 orang. Jadi totalnya bisa memuat 553 orang TKI," kata Komandan Misi Penjemputan TKI Letkol Pnb. Purwanto," kepada Antara di Lanud Roesmin Nurjadin.

Pesawat Hercules TNI AU secara bertahap tiba di Lanud Roesmin Nurjadin sejak pukul 16.00 WIB. Pesawat dan awaknya akan bermalam di Pekanbaru, sebelum bertolak ke Malaysia pada Selasa (23/12) pukul 09.45 WIB. Menurut dia, misi dukungan ke Malaysia untuk menjemput TKI akan berkordinasi dengan Atase dan KBRI di Malaysia.

"Sesuai jadwal pesawat akan bertolak dari Malaysia memberangkatkan TKI pada pukul dua siang waktu setempat," katanya.

Pemerintah Indonesia akan menjemput TKI yang ditangkap Kepolisian Diraja Malaysia karena masuk secara ilegal. Rencananya ada sekitar 1.000 orang TKI yang akan dijemput di Malaysia.

"Nanti akan pakai pesawat kita dan itu sudah didiskusikan (penjemputan TKI ilegal di Malaysia)," kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin.

Pesawat Hercules TNI AU berangkat dari pangkalan udara Abdurrahman Saleh, Malang dan Halim Perdanakusuma, Jakarta. ¿Penjemputan TKI di Malaysia rencananya dilakukan di Bandara Subang, Kuala Lumpur. Setelah itu, pesawat akan menuju Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur.